KESIAPAN DOSEN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Nindiati Sri Dina Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i1.1314

Keywords:

Dosen, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Penelitian ini berupaya mendeskripsikan kesiapan dosen dalam pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran mata kuliah yang diampunya. Untuk merencanakan pelaksanaan pembelajaran, seorang dosen harus merumuskan tujuan intruksional, menguraikan deskripsi satuan bahasan, menentukan metode dan teknik pembelajaran yang akan digunakan, memilih berbagai media dan sumber belajar, dan menyusun instrumen penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Univeritas PGRI Palembang telah menyusun silabus dan RPP secara baik serta berusaha untuk menerapkan rencana pembelajaran secara utuh. Usaha untuk meningkatakan kesiapan dosen dalam proses pembelajaran dapat dilakukan dengan melakukan monitoring dan evaluasi, sehingga dapat dinilai kesiapan dosen, mutu pembelajaran dan dilakukan pembinaan secara berkala. Selain itu, dosen Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Univeritas PGRI Palembang diharapkan melakukan evaluasi dan pengembangan RPP, karena pembelajaran terus mengalami perkembangan sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Downloads

Published

2018-04-11