ANALISIS PRASASTI TALANG TUO PENINGGALAN KERAJAAN SRIWIJAYA SEBAGAI MATERI AJAR SEJARAH INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS

Authors

  • Kabib Sholeh UPGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i2.1592

Abstract

Sejarah perkembangan agama Budha pada masa kerajaan Sriwijaya dapat digali informasinya melalui prasasti Talang Tuo dan dapat dijadikan  materi ajar sejarah Indonesia. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menganalisis sejarah awal munculnya kerajaan Sriwijaya, untuk menganalisis isi prasasti Talang Tuo, mengetahui prasasti Talang Tuo sebagai materi ajar sejarah Indonesia di sekolah menengah atas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode historis, dengan heuristik, interpretasi dan historiografi. Prasasti Talang Tuo adalah prasasti peninggalan kerajaan Sriwijaya yang menjelaskan tentang perkembangan agama Budha di Sriwijaya, dijelaskan ketaatan raja Dapunta Hiyang Sri Jayanasa dalam menjalankan ajaran Budha sekaligus sebagai simbol wakil dewa di dunia. Dijelaskan juga raja yang adil, bijaksana, dan tegas dalam menjalankan pemerintahan sesuai ajaran Budha untuk saling menyayangi dan mengasihi sesama makhluk yaitu berupa pembangunan taman Srikstera yang tujuannya untuk kesejahteraan semua makhluk di bumi Sriwijaya. Analisis isi prasasti Talang Tuo tentang perkembangan agama Budha di Sriwijaya dapat memperkaya materi ajar sejarah Indonesia di sekolah menengah atas. Relevansi analisis isi prasasti Talaang Tuo dapat dijadikan materi ajar adalah sesuai dengan silabus sejarah Indonesia sekolah menengah atas yaitu tepatnya pada Kompetensi Dasar (KD) 3.5 dan 3.6 yaitu perkembangan kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha di Indonesia pada submateri tentang perkembangan kerajaan Sriwijaya.

References

Gottschalk, Louis. 2008. Mengerti Sejarah: pengantar metode sejarah, (terjemahan: Nugroho Notosusanto), Jakarta: Yayasan Penerbit Universiatas Indonesia.

Merlina, Haris Susanto, Meriaty S. Saragih. 1991. Informasi Data Kedatuan Sriwijaya dalam Berbagai Aspek di Sumatera Selatan, Palembang: Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan Museum Negeri Sumsel Bala Putra Dewa.

Muljana, Slamet. 2006. Sriwijaya, Yogyakarta: PT. LkiS Pelangi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Poesponegoro, Marwati Djoened, Nugroho Notosusanto. 1990. Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka.

Read, Dick-Robert. 2008. Bukti-Bukti Mutakhir tentang Penjelajahan Pelaut Indonesia Abad Ke-5 Jauh sebelum Cheng Ho dan Columbus. (terjemahan), Bandung: Mizan.

Rapanie, Ahmad, dkk. 2012. Kerajaan Sriwijaya: beberapa Situs dan Artefaknya, Palembang: Dinas Pendidikan Museum Negeri Sumatera Selatan.

Suryanegara, Erwan bin Asnawi Jayanegara. 2009. Kerajaan Sriwijaya, Palembang: Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan.

Seregar, Sondang M, dkk. 2001. Asia Tenggara dalam Perspektif Arkeologi: Kajian Arkeologi di Sumatera Selatan, Pelembang: Mendikbud dan Balai Arkeologi Palembang.

Tim Balai Arkeologi Palembang. 2006. Prasasti-prasasti Sriwijaya, Palembang: Dinas Pendidikan Nasional Museum Negeri Sumatera Selatan.

Downloads

Published

2018-04-13