UKIRAN MOTIF ILIRAN PADA RUMAH AJI DI DESA ULAK PANDAN SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Karmila Karmila Univ Palembang
  • Aan Suriadi Univ PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i2.1593

Keywords:

Ukiran Motif Iliran, Rumah Uluan, Sumber Pembelajaran Sejarah,

Abstract

Rumah Aji adalah rumah tradisional suku Aji di Ogan Komering Ulu yang memiliki kekayaan sejarah dan kebudayaan berupa ukiran yang dipahatkan di dinding dan tiang rumah. Permasalahan penelitian ini adalah nilai sejarah apa sajakah yang terkandung pada ukiran motif Iliran pada rumah Uluan di desa Ulak Pandan yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 16 Palembang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui nilai sejarah ukiran motif Iliran rumah Uluan di desa Ulak Pandan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian: motif ukiran Iliran memiliki kesamaan bentuk yang sama dengan rumah tradisional Iliran. Nilai sejarah ukiran motif Iliran dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah dan akan membantu siswa untuk mengenal ukiran motif Iliran, sehingga sebagai penerus bangsa siswa dapat lebih mencintai peninggalan sejarah lokal Sumatera Selatan.

References

Agung, Leo, dkk. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak

Akib, Moehammad. 1975. Sejarah dan Kebudayaan Palembang: Rumah Adat Limas Palembang. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Arios, Rois Leonard, Ernatp, Refisrul. 2012. Bunga Rampai Budaya Sumatera Selatan:Budaya Basemah di Kota Pagar Alam. Sumatera Barat: BPSNT Padang Press.

Hanafi, dkk, 1985.Arsitektur Tradisional Daerah Bengkulu. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Proyek Inventarisasi dan Dokumentasi Kebudayaan Daerah.

Heryani, Yenny, 1993.Gelar Kebangsawanan Kaitannya dengan Rumah Limas Palembang. Palembang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Bagian Proyek Pembinaan Permuseuman Sumatera Selatan Tahun 1993/1994.

Saleh, Abdullah, dkk. 1995. Diskripsi Seni Ukir Palembang dan Sekitarnya. Palembang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Kantor Wilayah Propinsi Sumatera Selatan Bagian Proyek Pembinaan Kesenian Sumatera Selatan Tahun 1995/1996.

Sugiyono. 2009.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, Arya. 2009. Ornamen Nusantara: Kajian Khusus tentang Ornamen Indonesia. Semarang: Dahara Prize

Downloads

Published

2018-04-13