PENGARCAAN DI CANDI BUMIAYU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS TERPADU (SEJARAH)

Authors

  • Susilawati Susilawati Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i2.1601

Keywords:

Arca, Candi Bumiayu, Sumber Pembelajaran, IPS terpadu (Sejarah),

Abstract

Percandian Bumiayu di Desa Tanah Abang kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir berasal dari masa Sriwijaya. Candi Bumiayu identik dengan arca dan relief yang kaya dengan nilai sejarah dan budaya. Arca di candi Bumiayu dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah.  Rumusan masalah penelitian ini: Apakah pengarcaan di percandian Bumiayu dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS terpadu (sejarah) Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui lokasi serta lingkungan alam yang terdapat di Candi Bumiayu agar dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS terpadu (sejarah). (2) Untuk mengetahui analisis Pengarcaan dari Candi 1 Bumiayu  agar dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS terpadu (sejarah).(3) Untuk mengetahui analisis Pengarcaan dari Candi 3 Bumiayu sebagai sumber pembelajaran IPS terpadu (sejarah). Metode yang digunakan dalam penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu: dokumentasi, observasi, wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model analisis interaktif. Kesimpulan penelitian: Pengarcaan di candi Bumiayu yang terdapat di candi 1 dan candi 3 Bumiayu bercorak Hindu. Pengarcaan di candi Bumiayu dapat menambah pengetahuan siswa tentang sejarah lokal di Sumatera Selatan

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hadimuljono. 1982. Candi Jawi Peninggalan Sejarah Masa Akhir Kerajaan Singasari di Jawa Timur. Jakarta: Proyek Media Kebudayaan

Marhaeni, Tri dkk. 2000. Analisis Candi Bumiayu 3 Kabupaten Muaraenim Provinsi Sumatera Selatan. Balai Arkeologi Palembang.

Munandar, Aris Agus. 2007. Tabir Peradaban Sungai Lematang. Balai Arkeologi Palembang.

Oktorino, Nino, dkk. 2009. Muatan Lokal Ensiklopedia Sejarah dan Budaya. Jakarta: Lentera Abadi.

Poesponegoro, Djoned Marwati dan Notosusanto Nugroho. 1993. Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta: Balai Pustaka.

Siregar, Sondang M. 2005. Kompleks Percandian Bumiayu Kabupaten Muara Enim (Tinjauan Religi). Palembang: Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional Balai Arkeologi Palembang.

Soelaeman, Munandar. 2001. Ilmu Budaya Dasar. Bandung: PT. Refika Aditama

Sutopo. H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Dasar teori dan terapannya dalam penelitian. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Tim Studi. 1996/1997. Rencana Studi Induk Pelestarian Situs Bumiayu Sumatera Selatan. Palembang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Proyek Peninggalan Sejarah dan Kepurbakalaan Pusat.

Downloads

Published

2018-04-13