CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Jeki Sepriady Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v2i2.1603

Keywords:

Contextual teaching and learning, pembelajaran sejarah

Abstract

Pembelajaran sejarah dipengaruhi oleh perkembangan hasil-hasil teknologi, lingkungan, situs, benda cagar budaya yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber, media, materi. Siswa diposisikan sebagai subjek belajar yang memegang peranan yang utama, sehingga dalam setting proses belajar mengajar siswa dituntut beraktivitas secara penuh, bahkan secara individual mempelajarai bahan pelajaran. Dengan demikian, kalau dalam istilah “mengajar (pengajaran)†atau “teaching†menempatkan guru sebagai “pemeran utama†memberikan informasi, maka dalam “instruction†guru lebih banyak berperan sebagai fasilitator. Mengangkat tema contextual teaching and learning dalam pembelajaran sejarah. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh contextual teaching and learning dalam pembelajaran sejarah. Pada bagian akhir dari Penelitian ini penulis memberikan simpulannya pembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) merupakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat.

References

Abdurahman, Dudung. 2007. Metode Penelitian Sejarah. Yogyakarta: PT. Renika Cipta.

Arif, Muhamad. 2011. Pengantar Kajian Sejarah. Bandung: Yrama Widya.

Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Aqib, Zainal. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Yrama Widy.

Daryanto dan Muljo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif.Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

______________. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Bumi Aksara

______________. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Nurhadi. 2003. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenadamedia Gruop.

Surya, Mohamad. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Tamburaka, Rustam E. 1999. Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyudin. 2008. Pembelajaran dan Model-model Pembelajaran. Jakarta: CV. Ipa Abong.

Downloads

Published

2018-04-16