IMPLEMENTASI PERENCANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 7 BANJARMASIN
Abstract
Berbagai upaya, pengembangan, perubahan, dan inovasi telah dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia dalam mendesain pembelajaran salah satunya dengan perubahan kurikulum, yaitu mencetuskan kebijakan merdeka belajar berupa Kurikulum Merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk membahas perencanaan pembelajaran sejarah berdasarkan implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan dengan baik pada pembelajaran sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin. Guru sejarah di SMA Negeri 7 Banjarmasin telah membuat perencanaan pembelajaran secara mandiri memanfaatkan Kurikulum Merdeka untuk merancang perencanaan pembelajaran. Namun masih terdapat kendala, yaitu beberapa guru masih kurang memahami mengenai Kurikulum Merdeka seperti dalam merencanakan pembelajaran sejarah agar bisa menyesuaikan dengan tahap perkembangan dan tingkat pencapaian peserta didik atau kebutuhan belajar masing-masing peserta didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .