SASTRA TUTUR DESA LEBAK BERIANG KABUPATEN OGAN KOMERING ILIR SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang
  • Jeki Sepriady Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v3i1.1618

Abstract

Sastra tutur adalah sastra tutur yang disampaikan dari mulut ke mulut. Sastra tutur juga mengandung nilai sejarah dan nilai budaya kelompok masyarakat. Desa Lebak Beriang adalah desa hutan di Kabupaten OKI yang masih menyimpan sastra tutur. Permasalahan penelitian: 1) bagaimana bentuk sastra tutur di desa Lebak Beriang?; 2) Bagaimanakah nilai sejarah dan nilai budaya sastra tutur di desa Lebak Beriang? Tujuan penelitian untuk mengetahui 1) bentuk sastra tutur di desa Lebak Beriang.; 2) nilai sejarah sastra tutur di desa Lebak Beriang. Metodologi penelitian: deskriptif kualitatif dengan pendekatan ilmu bahasa. Sumber data: informan, dokumen, tempat. Teknik pengumpulan data: wawancara mendalam, kajian dokumen, observasi langsung. Teknik cuplikan dilakukan pada beberapa penutur sastra tutur di desa Lebak Beriang, validitas data dengan teknik triangualasi data dan metode. Teknik analisis yang dipergunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian: bentuk sastra tutur di desa Lebak Beriang berupa sejarah desa dan mantra. nilai sejarah sastra tutur desa Lebak Beriang mengungkap informasi migrasi kelompok penduduk desa Selapan ke Lebak Beriang pada perang agresi Belanda ke Selapan pada tahun 1945-1948 untuk mencari perlindungan dari peperangan dan politik bumi hangus yang dilakukan oleh tentara Belanda di kawasan Republik.

References

Andaya, Barbara Watson. 2016. Hidup Bersaudara Sumatra Tenggara Pada Tahun XVII dan XVIII. Yogyakarta: Ombak.

Azra, Azyumardi, 2013. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII. Akar Pembaharuan Islam Indonesia. Jakarta: Kencana.

Gouyon, Anne, 1999. The Sustainable Development of Tree Crops and the Prevention of Vegetation Fires In South Sumatra, Indonesia. Departemen Kehutanan Provinsi Sumatera Selatan dan Uni Eropa. Jakarta: Uni Eropa.

Bagea, Ishak. 2010 “Metafora dalam Bidang Pertanian Padi Masyarakat Dayak Buket Kabupaten Kutai Barat Kalimantan Timur (Suatu Tinjauan Linguistik Antropologi†Dalam jurnal Humaniora. Jurnal Budaya, sastra, dan bahasa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada, vol. 22, no. 1, Februari 2010, Yogyakarta: UGM.

Aliana, Zainul Arifin. dkk, 1995. Nilai Budaya dalam Puisi Rakyat Komering†Laporan Hasil Penelitian. Palembang; Bagian Proyek Penelitian dan Pembinaan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah Sumatera Selatan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2018-04-16