JEJAK KESULTANAN PALEMBANG DARUSSALAM DI KABUPATEN BANYUASIN

Authors

  • Jeki Sepriady Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v3i2.1624

Keywords:

Kesultanan, Palembang Darussalam, Kabupaten Banyuasin,

Abstract

Orang asli Banyuasin adalah suku Melayu kelompok manusia yang pertama menetap di Banyuasin. Mereka selalu bermusyawarah dan mufakat setiap ada sesuatu yang penting. Falsafah hidupnya beragam Islam dan menggunakan bahasa Melayu. Semuanya ini ada dalam perkembangan sejarah kehidupan masyarakat Banyuasin. Rumusan masalah: bagaimanakah jejak Kesultanan Palembang Darussalam di kabupaten Banyuasin?. Tujuan penelitian: untuk mengetahui jejak Kesultanan Palembang Darussalam di kabupaten Banyuasin. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Bayuasin sebagai wilayah kekuasaan kesultanan Palembang Darussalam termasuk kategori daerah sikep. Sama dengan sistem pemerintahan marga daerah di daerah Uluan, wilayah Banyuasun zaman marga kesultanan Palembang Darussalam tidak mempunyai pemerintahan sendiri, tetapi diperintah langsung oleh jenang atau pegawai yang ditunjuk raja Palembang.

References

Amin, Jusna. J. A, dkk. 2016. Mengenal Arsitektur Lanskap Nusantara. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Andaya, Barbara Watson. 2016. Hidup Bersaudara. Sumatera Tenggara Pada Abad XVII dan XVIII. Yogyakarta: Ombak.

Badan Pusat Statistik dan BAPPEDA Kabupaten Banyuasin. 2012. Banyuasin dalam Angka: Banyuasin in Figures 2012. Banyuasin: Badan Pusat Statistik dan BAPPEDA Kabupaten Banyuasin.

Gadjahnata dan Sri Edi Swasono. 1986. Masuk dan Berkembangnya Islam di Sumatera Selatan. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Hanafiah, Djohan. 1995. Melayu-Jawa: Citra Budaya dan Sejarah Palembang. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kanang, Suadi, 2015. Profil Desa Sako Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin. Banyuasin. Pemerintah Desa Sako Kecamatan Rambutan Kabupaten Banyuasin.

Poesponegoro, Marwati Djoened dan Nugroho Notosusanto. 2011. Sejarah Nasional Indonesia IV. Jakarta: Balai Pustaka.

Rangkuti, Nurhadi. 2007. Tabir Pedaban Sungai Lematang. Palembang: Balai Arkeologi Palembang.

Rokian, Ajmal. 2014. Sejarah, Khasanah Budaya dan Profil Potensi Kabupaten Banyuasin. Banyuasin: Dinas Pariwisata, Seni, Budaya, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Santun, Dedi Irwanto Muhammad, dkk. 2016. Iliran dan Uluan Dikotomi dan Dinamika dalam Sejarah Kultural Palembang. Yogyakarta: Eja Publisher.

Tasmalinda dan Parliza Hendrawan. 2013. Jejak Langkah Amirudin Inoed: 10 Tahun Memimpin Banyuasin. Lampung: Indepth Publishing.

Utomo, Bambang Budi, dkk. 2012. Kota Palembang, dari Wanua Sriwijaya Menuju Palembang Modern. Palembang: Raja Grafindo Persada.

Wolters, O.W. 2011. Kemaharajaan Maritim Sriwijaya dan Perniagaan Dunia Abad III-Abad VII. Depok: Komunitas Bambu

Downloads

Published

2018-04-17