KONSEP KOSMOLOGI CANDI GEDONG II DI MUARA JAMBI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 1 PEMULUTAN SELATAN

Authors

  • Marita Anggraini Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v3i2.1629

Keywords:

Konsep Kosmologi, Candi Gedong II, Sumber Pembelajaran Sejarah,

Abstract

Tata letak candi Gedong II menunjukkan hubungan fungsional antara candi induk dan candi perwara. Hubungan fungsional itu berkaitan dengan sistem pantheon sekaligus prosesi ritus keagamaan. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah nilai sejarah apakah pada konsep kosmologi candi Gedong II di Muara Jambi sehingga dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMK Negeri 1 Pemulutan Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep kosmologi candi Gedong II di Muara Jambi sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep kosmologi candi Gedong II di Muara Jambi merupakan ilmu sejarah yang mempelajari alam semesta berupa tata letak candi Gedong II di Muara Jambi yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMK N 1 Pemulutan Selatan.

References

Utomo, Budi Bambang. 2011. Kebudayaan Zaman Klasik Indonesia Batanghari. Jakarta: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Fahlen, Riri. 2009. Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat Desa Muaro Jambi. Palembang: Balai Arkeologi Palembang.

Handinoto. 2015. Perkembangan Kota di Jawa Abad XVIII Sampai Pertengahan Abad XX. Yogyakarta: Ombak.

Sondang, M. Sireger. 2009. Arca-arca dari Muaro Jambi. Palembang: Balai Arkeologi Palembang.

Nazir, M. 1980. Arkeologi Klasik Daerah Jambi. Jambi: Proyek Pengembangan Permusiuman Jambi.

Pratiwi, Dini. 2016. Konsep Kosmologi Candi Bumiayu Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Terpadu (Sejarah) di Kelas VII SMP Sriguna Palembang. Palembang: Universitas PGRI Palembang. (Tidak diterbitkan)

Widiatmokko. Agus. 2009. Sungai Batanghari dan Jaringan Tata Guna Air Situs Percandian Muaro Jambi. Palembang: Balai Arkeologi Palembang.

Downloads

Published

2018-04-18