PEMANFAATAN NILAI BUDAYA CANDI BOROBUDUR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalpataru.v3i2.1631Keywords:
Pemanfaatan Nilai Budaya, Candi Borobudur, Pembelajaran Sejarah,Abstract
Candi Borobudur adalah salah satu monumen Budha yang terbesar di Indonesia adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan nilai budaya candi Borobudur dalam pembelajaran sejarah dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan nilai budaya candi Borobudur dalam pembelajaran sejarah. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penerikan kesimpulan. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disampaikan bahwa candi Borobudur merupakan suatu banguan yang termegah di Indonesia dan di temukan sekitar abad ke VIII Masehi, sekaligus peninggalan agama Budha terbesar yang terdapat di pulau jawa maka dari itulah banyak sekali pemanfaatan nilai budaya yang terdapat di candi Borobudur dan sekaligus tempat mata pencaharian masyarakat Candi BorobudurReferences
Balai Konservasi Borobudur. 2016. Kearsitekturan Candi Borobudur. Magelang: Balai Konservasi Borobudur.
Hariyono, Rudi. 2001. Tabir Misteri Jagad Raya. Surabaya. Putra Pelajar.
Joesoef, Daoed. 2015. Borobudur. Jakarta: Kompas.
Maulana, Ratnaesih. 1997. Ikonografi Hindu. Jakarta: Fakultas Sastra UI 1997.
Muljadi, Dkk. 2014. Kepariwisataan dan Perjalanan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rahardjo Supratino. 2005. Religi Dalam Dinamika Masyarakat. Banten.
Soetarno, 1987. Aneka Candi Kuno di Indonesia. Semarang: Dahara Prize Semarang.
Sulistyanto Bambang. 2015. Ragam Hias Candi-candi di Jawa. Yogyakarta: Kepelpres.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .