NILAI SEJARAH TOPONIM DI KECAMATAN BUKIT KECIL KOTA PALEMBANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMP NEGERI 33 PALEMBANG

Authors

  • Dedi Berianto Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i2.2490

Abstract

Toponim merupakan sebuah ilmu yang berkaitan dengan penamaan suatu wilayah yang berguna memberikan informasi kepada masyarakat tentang asal usul penamaan suatu tempat. Pemberian nama oleh manusia mempermudah dalam mengindentifikasi suatu tempat tinggalnya, pemberian nama ini tidak asal diberikan karena manusia memberikan nama suatu tempat atau kawasan berdasarkan letak geografis, sejarah dan fenomena alam yang terjadi di tempat itu. Rumusan masalah penelitian ini adalah nilai sejarah apa saja yang terdapat pada toponim kecamatan Bukit Kecil sehingga dapat dijadikan sumber pembelajaran sejarah?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sejarah apa saja yang terdapat pada toponim kecamatan Bukit Kecil sehingga dapat dijadikan sumber pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data dari wawancara, dokumentasi, dan observasi lapangan. Analisis data mulai dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dan pembahasan bahwa toponim yang ada di kecamatan Bukit Kecil terdapat nilai religius dan nilai persatuan yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah (Ilmu Pengetahuan Sosial) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 33 Palembang.

References

Aryandini, Novit. 2002. “Pola pemukiman dikawasan Talang Semut kota Palembangâ€. Dalam Siddhayatra. Tim Arkeologi (Ed). Volume 7, Nomor 2, 2002).

Elvian, Akhmad. 2009. Toponim Kota Pangkal Pinang. Pangkal Pinang: CV. Franita.

Farida. 8 Mei 2013. Kuto Besak dari Keraton Menjadi Benteng. Majalah Unsri.

Rais, Jacub. 2008. Toponimi Indonesia: Sejarah Budaya yang Panjang Dari pemukiman Manusia dan Tertib Administrasi. Jakarta: Pradnya Paramita.

Jeko, Ruspandi dan Asep Mulyadi. 2014. â€Fenomena Geografis Dibalik Makna Toponimi Kota Cirebonâ€. Dalam Gea. Volume 14, Nomor 23, 2014).

Lemhanas RI. 2017. Nilai Nilai yang Bersumber dari NKRI. Jakarta: Kedeputian Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhanas RI.

____________. 2017. Nilai Nilai yang Bersumber dari Pancasila. Jakarta: Kedeputian Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhanas RI.

Mas’oed, Ki Agoes. 1941. Sedjarah Palembang Moelai Sedari Seri-Wijaya Sampai Kedatangan Dai Nippon. Palembang: Meroeyama.

Sujiyati, Maryani dan Nor Huda Ali. 2015. “Pembangunan kota Palembang dengan konsep tata ruang kota hijau pada masa Hindia-Belandaâ€. Dalam Tamaddun. Volume 15, Nomor 1, 2015).

Santun, Dedi Irwanto Muhammad, dkk. 2010. Iliran dan Uluan: Dinamika dan Dikotomi Sejarah Kultural Palembang. Palembang: Eja Publisher.

Utomo, Bambang Budi. 2016. Peradaban Masa Lalu Sumatera Selatan. Palembang: Balai Arkeologi Sumatera Selatan.

Lestari, Sri Endang. 2003. Karakteristik Pola Tata Ruang Karsten Pada Kawasan Talang Semut Palembang. Tesis. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2018-12-01