UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN OUTDOOR LEARNING BERBASIS INKUIRI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PALEMBANG

Authors

  • Arman Arman SMA Muhammadiyah 1 Palembang
  • Fatmah Fatmah Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i2.2491

Keywords:

Outdoor Learning, Inkuiri, Pembelajaran Sejarah.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah melalui pembelajaran Outdoor Learning berbasis Inkuiri di SMA Muhammadiyah 1 Palembang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan rencana perbaikan. Siklus I dilaksanakan dalam dua kali pertemuan dengan materi Negara Tradisional Hindhu dan Budha. Siklus II dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dengan materi Perkembangan agama Islam di Indonesia. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS OL, dengan jumlah siswa 32. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi dokumentasi, observasi, wawancara, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari pra siklus hingga siklus II. Proses (keaktifan) dan hasil belajar yang baik ini menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran sejarah di kelas XI IPS OL meningkat. Meningkatnya kualitas pembelajaran di kelas XI IPS OL menunjukkan bahwa penerapan Outdoor Learning berbasis Inkuiri berhasil menyelesaikan masalah yang dihadapi.

References

Arifin, Z. 2013. Evaluasi Pembelajaran; Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rusman, Kurniawan, D. dan Riyana, C. 2012. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi; Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Rajawali Press.

Sanjaya, W. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kecana Prenada Media Group.

Sudjana, N. 2011. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, J. 2014. Strategi Pembelajaran; Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar Pembelajaran; Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Wati. 2013. Efektifitas Pendekatan Content and Language Integrated Learning (CLIL) Melalui Running Dictation untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Berkomunikasi Lisan Sekolah Bilingual. Skripsi tidak diterbitkan. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang. (Online). (unnes.ac.id), diakses tanggal 28 April 2016.

Downloads

Published

2018-12-01