JENIS-JENIS PENINGGALAN MEGALIT DI DESA TANJUNG ARO SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 3 PALEMBANG TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Lita Sepriani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i2.2494

Keywords:

Jenis-Jenis Peninggalan Megalit, Sumber Pembelajaran Sejarah.

Abstract

Permasalahan penelitian adalah bagaimanakah jenis-jenis peninggalan megalit di desa Tanjung Aro dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 3 Palembang. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis-jenis peninggalan megalit yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah di SMA Muhammadiyah 3 Palembang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan: jenis-jenis peninggalan megalit di desa Tanjung Aro yaitu arca manusia dililit ular yang mengandung nilai moral kehidupan manusia, batu dolmen berfungsi untuk meletakkan sesajian kepada roh nenek moyang, kubur batu berfungsi sebagai tempat meletakkan mayat yang telah meninggal, lumpang batu digunakan untuk menumbuk padi-padian dan persebaran batu megalit yang terdapat di tengah persawahan milik warga. Jenis-jenis peninggalan megalit dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah kelas X di SMA Muhammadiyah 3 Palembang, dalam membantu peserta didik lebih mengenal jenis-jenis peninggalan megalit, sehingga dapat memotivasi memelihara hasil kebudayaan yang ada di Sumatera Selatan khususnya di desa Tanjung Aro.

References

Bedur, Marzuki. 2009. Sejarah Besemah dari Zaman Megalitikum, Lampik Mpat Mardike Duwe, Sindang Mardike ke Kota Perjuangan. Pagaralam: Pemerintah Kota Pagaralam.

Dinas Kebudayaan dan Pariwsata Kota Pagaralam. (n.d). Pagar Alam Beauty Of South Sumatera. Pagaralam: Pemerintah Kota Pagaralam Dinas Kebudayaan dan Pariwsata.

Puspa, Eti. 2013. Sastra Basemah Bagian Dari “Sastra Melayu Lamaâ€. Bandung, Jawa Barat.

Sumardjo, Jacob. 2002. Arkeologi Budaya Indonesia (Pelacakan Hermeneutis-Historis Terhadap Artefak-Artefak Kebudayaan). Yogyakarta: Qalam.

Tim. 2014. Sastra Tutur Sumatera Selatan Besemah. Palembang: Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan Dinas Pendidikan.

Downloads

Published

2018-12-01