PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER MATERI KEHIDUPAN MANUSIA PURBA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK NEGERI 6 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i2.2495Keywords:
Persepsi Siswa, Media Film Dokumenter Materi Kehidupan Manusia Purba.Abstract
Persepsi adalah suatu proses kegiatan yang didasari dari hasil pengamatan dan penilaian yang berupa suatu tanggapan disampaikan dalam bentuk lisan atau tulisan serta dapat memengaruhi nilai yang diamati. Persepsi siswa sangatlah penting untuk dapat diketahui dalam sebuah penilaian. Masalah dalam penelitiaan ini adalah bagaimanakah persepsi siswa terhadap penggunaan media film dokumenter materi kehidupan manusia purba pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMK Negeri 6 Palembang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan media film dokumenter materi kehidupan manusia purba pada mata pelajaran sejarah. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan angket. Dari hasil penelitian ini didapat data persepsi siswa dengan rata-rata presentase yaitu 85,9 %, dilihat dari keenam indikator yaitu menerima, menyeleksi, mengorganisasikan, mengartikan, menguji, dan memberikan reaksi menunjukan bahwa persepsi siswa memilih setuju dan sangat setuju dengan kategori sangat baik. Dengan demikian, media film dokumenter materi kehidupan manusia purba pada mata pelajaran sejarah dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih efektif dan mudah diterima siswa dengan baik.References
Aman. 2011. Model Evaliasi Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.
Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Umar, Hamalik. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Riduwan. 2015. Belajar Mudah Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudijono. 2017. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .