SEJARAH TULUNG SELAPAN SEBAGAI SUMBER PENULISAN SEJARAH LOKAL OGAN KOMERING ILIR

Authors

  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i2.2496

Keywords:

Sumber Sejarah, Sejarah Lokal.

Abstract

Sejarah lokal disusun dengan memanfaatkan sumber sejarah yang masih tersebar di masyarakat baik secara sadar dan tidak sadar keberadaannya diakui dan tidak diakui oleh masyarakat itu sendiri. Banyak data sejarah di masyarakat Tulung Selapan yang belum dimanfaatkan dalam penyusunan sejarah lokal Ogan Komering Ilir. Permasalahan penelitian: sejarah lokal apa saja yang masih ada di masyarakat yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penulisan sejarah lokal Ogan Komering Ilir. Tujuan penelitian untuk mengetahui sejarah lokal Tulung Selapan yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penulisan sejarah lokal Ogan Komering Ilir. Metode penelitian dengan metode survei. Sumber data adalah dokumen, observasi lapangan dan wawancara. Hasil penelitian adalah sumber sejarah lokal Tulung Selapan dapat dikelompokkan ke dalam: sumber berupa benda, bangunan, cerita rakyat dan toponim.

References

Munawati dan Muhamad Idris. 2018. “Sebaran Rumah Batu di Desa Tegur Wangi Kota Pagaralam Sebagai Sumber Pembelajaran Sejarah. Dalam Kalpataru. Volume 4, Nomor 1, Juli 2018. (10-16)

Sujarno, dkk. 1999. Pemberdayaan Nilai Budaya Dalam Rangka Mewujudkan Keluarga Sejahtera di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Kebudayaan Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisional Proyek Pengkajian dan Pembinaan Nilai-Nilai Budaya Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Idris, Muhamad dan Jeki Sepriady. 2017. Mutiara Borobudur: Tafsir Bodhi Citta, Kajian Sejarah dan Ikonografi. Banyuasin: Excellent Publishing.

Deetz, James. 1967. Invitation To Archeology. New York: The Natural History Press.

Vickers, Adrian. 2009: Peradaban Pesisir Menuju Sejarah Budaya Asia Tenggara. Denpasar: Udayana University Press.

Sedyawati, Edi. 2014. Kebudayaan di Nusantara Dari Keris Tor-tor Sampai Industri Budaya. Depok: Komunitas Bambu.

Metode Penelitian Arkeologi. 1999. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

Downloads

Published

2018-12-01