PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SRIGUNA PALEMBANG

Authors

  • Vina Pratiwi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v4i2.2498

Keywords:

Media Pembelajaran Film Dokumenter, Hasil Belajar, SMA Sriguna Palembang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah pada saat proses kegiatan pembelajaran berlangsung dalam menyampaikan materi ajar masih terkesan monoton. Hal ini dikarenakan kurangnya partisipasi siswa dalam proses pembelajaran, sehingga membuat siswa menjadi bosan, kurang aktif dan akhirnya tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar di kelas, akibatnya akan berdampak pada nilai mereka rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini maka guru harus menggunakan media pembelajaran yang tepat. Media yang dapat digunakan yaitu media film dokumenter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media film dokumenter terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di Sekolah Menengah Atas Sriguna Palembang. Metode yang dipakai yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui, observasi, tes soal, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, hal ini dilihat bahwa kelas eksperimen yang diberikan perlakuan dengan media pembelajaran film dokumenter memiliki rata-rata skor akhir sebesar 77,89 lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata kelas kontrol yang diberikan perlakuan model ceramah yaitu 69,46 dan hasil uji-t paired sample t-test yang menggunakan SPSS 22 diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < (α = 0,005) karena 0,000 < 0,005 sehingga H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan media film dokumenter dan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan model ceramah di kelas XI SMA Sriguna Palembangâ€.

References

Ahmad, Abu dan Joko Tri Prasetyo. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Hartono, dkk. 2012. PAIKEM Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif, dan Menyenangkan. Pekanbaru Riau: Zanafa Publishing.

Margono. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyana, Enceng. 2008. Model Tukar Belajar. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-12-01