PENGARUH PENDEKATAN KONSTEKSTUAL DAN MODEL PEMBELAJARAN KELILING KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (SEJARAH) DI KELAS VII SMP NEGERI 2 MUARA ENIM TAHUN AJARAN 2017/2018

Authors

  • Fenni Eka Fitriani SMP Negeri 2 Muara Enim

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i1.2934

Keywords:

Pendekatan Konstektual Model Keliling Kelompok, Hasil Belajar, SMP Negeri 2 Muara Enim

Abstract

Permasalahan yang terdapat di penelitian ini adalah ketika dalam kegiatan pembelajaran berlangsung siswa kelihatan pasif atau kurang aktif, ribut, monoton dan akhirnya siswa tidak memperhatikan guru yang sedang mengajar di depan kelas, akibatnya hasil nilai siswa pun rendah. Untuk mengatasi pemasalahan tersebut ini, maka guru harus mencari pendekatan dan model pembelajaran yang bisa membuat siswa aktif dan tidak rebut, salah satunya dengan menggunakan pendekatan konstektual dan model pembelajaran keliling kelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan konstekstual dalam model pembelajaran keliling kelompok terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Sejarah) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Muara Enim. Metode yang dipakai pun yaitu metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui, observasi, tes soal dan dokumentasi. Berdasarkan hasil dari penelitian dan analisis data, hal ini biasa dilihat bahwa kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pendekatan konstektual dan model keliling kelompok memiliki rata-rata 87,63 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang diberikan perlakuan dengan menggunakan model ceramah dengan memiliki rata-rata 85,33 dan hasil perhitungan uji-t paired sample t-test yang menggunakan SPSS 22 diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 < (α = 0,005) karena 0,000 < 0,005 maka H0 ditolak, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan pada hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran pendekatan konstektual dan model keliling kelompok serta siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model ceramah di kelas VII SMP Negeri 2 Muara Enim.

References

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media dan Strategi Pembelajaran Konstektual. Bandung: Yrama Widya.

Hamalik, Oemar. 2017. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Martin. 2013. Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Tirtarahardja, Umar dan S. L. La Sulo. 2013. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Trianton, Teguh. 2013. Film Sebagai Media Belajar. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Downloads

Published

2019-07-03