PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DI KELAS XI MIPA 5 SMA NEGERI 18 UNGGULAN PALEMBANG

Weni Erita

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini yakni apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah wajib di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 18 Unggulan Palembang. Berdasarkan masalah tersebut, maka penelitian merumuskan tujuan masalah dalam penelitian ini yakni  untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam belajar sejarah wajib melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a macth di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 18 Unggulan Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 18 Unggulan Palembang. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Pelaksanaan proses belajar mengajar sejarah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif  tipe make a match pada siklus I dan II telah berjalan dengan efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar yang dicapai peserta didik mulai dari  siklus I telah menunjukkan persentase ketuntasan klasikal 68.75% dengan rata-rata nilai tes 76.23 dan pada siklus II telah menunjukkan kembali persentase ketuntasan klasikal 91.43% dengan rata-rata nilai tes 78.97 yang dikategorikan sedang dan tinggi. Dengan demikian hasil belajar peserta didik telah mencapai indikator keberhasilan sesuai KKM klasikal mata pelajaran sejarah.

Keywords


Kooperatif Make a Match, Sejarah

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful. 2002. Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Mulyasa. 2004. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Grouf.

Nasution, M. 2005. Total Quality Management. PT. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta.

Nawawi, Hadari. 1981. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Seri Manajemen Sekolah.

Tamburaka, H. Rustam E. 1999. Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sagala, Syaiful. 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Sanjaya, Winna. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: CV. Alfabeta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Solihatin, Etin Raharjo. 2007. Cooperative Learning . Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2011. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi Palkem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2012. Model-model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Wardani, IGK. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/kalpataru.v5i1.2935

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.