POLA TATA RUANG DESA TEGUR WANGI SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN IPS TERPADU (SEJARAH) DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 MUARA ENIM

Authors

  • Safitri Wulan Dari SMP Negeri 1 Muara Enim

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i1.2937

Keywords:

Pola Tata Ruang, Desa Tegur Wangi, Sumber Pembelajaran

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini ialah belum dimanfaatkannya pola tata ruang desa Tegur Wangi sebagai sumber pembelajaran sejarah di Sekoah Menengah Pertama Negeri 1 Muara Enim. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah pola tata ruang desa Tegur Wangi sebagai sumber pembelajaran IPS Terpadu (Sejarah) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muara Enim. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui latar belakang pola tata ruang desa Tegur Wangi, untuk meningkatkan pengetahuan pelaksanaan pola tata ruang yang ada pada desa Tegur Wangi dan hasil penelitian ini dijadikan sebagai sumber pembelajaran IPS Terpadu (Sejarah) di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Muara Enim. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriftif kualitatif. Keabsahan data dari penelitian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi metode. Pola tata ruang desa Tegur Wangi pusat desa berada pada tengah-tengah desa dan sekililing desa di kelilingi oleh sistem perekonomian. Terdapat berbagai macam komunitas perekonomian di desa Tegur Wangi. Sedangkan sistem pemerintahannya mereka menggunakan sistem pemerintahan modern dan tradisional, serta di desa Tegur Wangi terdapat jalan raya dan ganggang serta jembatan.

References

Arios, Rois Leonard. 2014. “Permukiman Tradisional Orang Basemah di Kota Pagaralamâ€. Dalam Jurnal Budaya. Volume 19, Nomor 2.

Atmaja, Made Dewa. 2015. Pengelolaan Tata Ruang Berbasis Kearifan Lokal Pada Masyarakat Adat Panglipuran Kabupaten Bangli. Dalam Ekosains. Volume VII, Nomor 1.

Azahra, Ida Adibah. 2017. “Struktural Fungsional Robert K. Merton: Aplikasinya dalam Kehidupan Keluargaâ€. Dalam Inspirasi. Volume 1, Nomor 1.

Daldjhoni. 2014. Geografi Desa dan Kota. Yogyakarta: Ombak.

Idris, Muhamad dan Jeki Sepriady. 2018. “Kesadaran Diskursif Manusia Prasejarah di Dataran Tinggi Besemah (Studi Analisis Megalit di Desa Tegur Wangi Kota Pagaralam)â€. Dalam Kalpataru. Volume 4, Nomor 1, Juli 2018. (29-40).

Suspa, Ety. 2013. Sastra Basemah Bagian dari Sastra Malayu Lama. Bandung: Uvula Press.

Pembangunan Perencanaan Badan Daerah. 2014. Pagaralam. Pagaralam: Badan Pusat Statistik.

Downloads

Published

2019-07-10