AKTUALISASI NILAI-NILAI PERJUANGAN KEMERDEKAAN INDONESIA DI KECAMATAN ILIR BARAT I KOTA PALEMBANG

Authors

  • Dimas Setiawan SMA Negeri 18 Palembang
  • Ahmad Zamhari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i1.2939

Keywords:

Aktualisasi Nilai, Perjuangan Kemerdekaan, Kecamatan Ilir Barat I

Abstract

Masa kemerdekaan adalah masa paling penting dalam perkembangan kota Palembang. Pendekatan penelitian menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, wawancara dan observasi. Hasil penelitian adalah perjuangan kemerdekaan Indonesia membutuhkan waktu yang sangat lama hingga mencapai kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945. Perjuangan kemerdekaan di kota Palembang berlangsung sangat heroik dan puncaknya pada Perang Lima Hari Lima Malam dalam usaha mempertahankan negara. Nilai-nilai perjuangan kemerdekaan Indonesia tersebut diaktualisasikan dalam bentuk penamaan jalan, tempat dan bangunan di kecamatan Ilir Barat I Palembang seperti Jalan Sumpah Pemuda, Jalan Angkatan ’45, Jalan Alamsyah Ratu Prawiranegara, Brimob Polda Sumsel, SMA Negeri 1 Palembang dan Universitas Sriwijaya yang memiliki nilai-nilai kebangsaan yang patut diteladani seperti nilai perjuangan, nilai nasionalisme, nilai keadilan, nilai persatuan bangsa, nilai kesatuan wilayah dan nilai gotong royong yang dapat diakui dan selalu diingat masyarakat sebagai bentuk perjuangan bangsa.

References

Djakfar, Zainal Ridho. 1984. Dari Perguruan Tinggi Sjakhyakirti Sampai Universitas Sriwijaya. Jakarta: Akademika Pressindo.

Idrus, Burhan. (e.d). Perang Lima Hari Lima Malam di Palembang. Palembang: e.d, CV. Mutiara Selatan.

Lemhanas RI. 2017. Nilai Nilai yang Bersumber dari NKRI. Jakarta: Kedeputian Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhanas RI.

Prawiranegara, Alamsjah Ratu. 1987. Perjuangan Kemerdekaan Indonesia di Sumatera Bagian Selatan 1945-1950. Jakarta: tidak diterbitkan.

Samsudin. 2015. Warisan Belanda di Tanah Sumatera Selatan. Palembang: Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Sudiyo. 2003. Arus Perjuangan Pemuda dari Masa ke Masa. Jakarta: Rineka Cipta.

Tim. 2013. Buku Pedoman Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Sriwijaya tahun 2013/2014. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Utomo, Bambang Budi. 2016. Peradaban Masa Lalu Sumatera Selatan. Palembang: Balai Arkeologi Sumatera Selatan.

Widodo, Sutejo K. (n.d). Memaknai Sumpah Pemuda di Era Reformasi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Downloads

Published

2019-07-10