PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA MATERI SEJARAH PENYEBARAN ISLAM DI KECAMATAN SIRAH PULAU PADANG

Authors

  • Apsa Dora Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i1.2941

Keywords:

Audio Visual, Sejarah Penyebaran Islam, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Media audio visual merupakan media kombinasi antara audio dan visual yang dapat dinikmati dengan indra pendengaran dan penglihatan. Media ini menggerakkan  indra pendengaran dan penglihatan secara bersamaan yang dapat membuat siswa mampu memperoleh pengetahuan, keterampilan, atau sikap yang lebih baik lagi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah hasil pengembangan media pembelajaran audio visual pada materi sejarah penyebaran Islam di kecamatan Sirah Pulau Padang. Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah sejarah penyebaran Islam di kecamatan Sirah Pulau Padang dan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh penggunaan media pembelajaran audio visual pada materi sejarah penyebaran Islam di kecamatan Sirah Pulau Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and develoment) oleh Brog and Gall. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner (angket), observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran audio visual. Pengembangan media pembelajaran dinyatakan layak digunakan berdasarkan dilakukannya uji kelayakan. Menurut dari validator 1 ahli media dan materi, kualitas media sebesar 87,5 %  dinyatakan sangat baik untuk digunakan dan kualitas materi sebesar 75 % dinyatakan baik untuk digunakan. Hasil validasi validator 2 ahli media dan materi, kualitas media sebesar 80,3 % dinyatakan sangat baik untuk digunakan dan kualitas materi sebesar 80 % dinyatakan sangat baik untuk digunakan. Sedangkan hasil validasi guru mata pelajaran sejarah kualitas media sebesar 87,5 % dinyatakan sangat baik untuk digunakan dan kualitas materi sebesar 85 % dinyatakan baik untuk digunakan. Penilaian siswa terhadap media pembelajaran tersebut sebesar 83,6 % dari 15 siswa, dan dinyatakan sangat baik untuk digunakan. Dari hasil uji penggunaan media oleh ahli media dan siswa dapat disimpulkan bahwa media peta yang dikembangkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Haryoko, S. 2009. “Evektivitas Pemanfaatan Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaranâ€. Dalam Jurnal Edukasi. Volume 5 Nomor 1, 2.

Agung, Leo S. W. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Setiawan, Muhamad Aris. 2017. “Analisis Usaha Tani Pada Berbagai Tipe Lahan Lebak di Desa Berkat Kecamatan Sirah Pulau Padang Kabupaten Ogan Komering Ilirâ€. Dalam Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Agribisnis. Volume 2, Nomor 1, 150.

Mulia, B. 2007. Sosiologi (Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat). Bandung: PT Setia Purna Inves.

Purwanti, B. 2015. “Pengembangan Media Vidio Pembelajaran Matematika Dengan Model Assureâ€. Dalam Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. Volume 3, Nomor 1, 43.

Syahza, A. 2017. Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Secara Terpadu. Pekanbaru: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Riau.

Sukandarramudi. 2012. Metodologi Penelitian Petunjuk Praktis Pemula. Yogyakarta: Gaja Mada University Press.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

_______. 2013. Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif dan Kombiasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.

Wahidin. 2012. Pengembangan Media Audio Visual Pada Sistem Pendingin Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMK Perindustrian Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2019-07-10