SEJARAH PERAN KOMUNITAS ULAMA DALAM PELESTARIAN BUDAYA JAWA SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Eka Susanti, Ida Suryani

Abstract


Sejarah peran komunitas dalam pelestarian budaya Jawa sebagai sumber pembelajaran sejarah yaitu proses terbentuknya komunitas ulama berkaitan erat dengan perkembangan tradisi keilmuan Islam. Perjalanan ulama Jawi utuk menuntut ilmu, menjalin hubungan antar ulama, baik dengan sesama ulama Jawi maupaun ulama daerah lain, ulama berperan sebagai pemimpin dalam kegiatan upacara adat Jawa. Rumusan masalah: nilai sejarah apa saja yang terdapat pada peran komunitas ulama dalam pelestarian budaya Jawa di desa Sidoharjo kecamatan Air Salek kabupaten Banyuasin yang dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan metode  deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian tentang sejarah peran komunitas ulama dalam pelestarian budaya Jawa sebagai sumber pembelajaran sejarah yaitu merupakan bagian dari proses masuk dan bekembangya agama dan kebudayaan Islam yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah.

Keywords


Peran Komunitas, Budaya Jawa, Sumber Pembelajaran Sejarah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. F. 2018. “Ritual Agama Islam Dalam Bingakai Budaya”. Dalam Unwaha Jombang, 5.

Adriana, I. 2011. “Niloni, Mitoni, Atau Tingkeban”. Dalam Karsa. Volume 19, Nomor 2. 8-9.

Baihaqi, I. 2017. “Karakteristik Tradisi Mitoni Di Jawa Tengah Sebagai Sebuah Sastra Lisan”. Dalam Arkhais. Volume 08, Nomor 2, 8.

Idrus, M. 2007. “Makna Agama Dan Budaya Bagi Orang Jawa”. Dalam Unisia. Volume XXX, Nomor 66, 5.

Inawati, A. 2014. “Peran Perempuan Dalam Mempertahankan Kebudayaan Jawa dan Kearifan Lokal”. Dalam Musawa. Volume 13, Nomor 2, 1.

Indra, H. 2018. Pendidikan Pesantren dan Perkembangan Sosial-Kemasyarakatan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Intan, Retno N. D. 2018. Pemaknaan Tradisi Mitoni Adat Jawa Tengah Pada Pasangan Jawa Dan Padang. Konferensi Nasional Komunjitas. Jakarta: Ikatan Sarjana Komunitas Indonesia.

Muttaqin, U. I. 2017. Pewarisan Tradisi Dlam Pendidikan Keluraga Muslim Aboge di Kabupaten Banyumas. 109.

Ningsih, Retno D. 2014. Kajian Foklor Rangkaian Upacara Adat Kehamilan Sampai Dengan Kelahiran Bayi di Desa Borongan Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten. Yogyakarta.

Raffles, T. S. 2014. The History Of Java. Jakarta: Narasi.

Sukiyanto. 2018. Modal Sosial Masyarakat Betawi Cagar Budaya Setu Babakan Jakarta Selatan Dalam Pelestarian Budaya Betawi. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.31851/kalpataru.v5i1.2942

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial 4.0 Internasional.