PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SEJARAH ISLAM MATERI MASJID AGUNG PALEMBANG

Authors

  • Septia Puspita Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i2.3550

Keywords:

Sejarah Islam di Palembang, Masjid Agung Palembang, Media Pembelajaran. A.

Abstract

Media audio visual merupakan bentuk dari multimedia. Multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA PGRI 2
Palembang jika dilihat dari kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran sejarah masih belum cukup optimal, hal ini disebabkan antara lain guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran yang masih sederhana yakni berbentuk visual, sedangkan dikategorikan sebagai media hal tersebut belum mencangkup materi secara keseluruhan. Pemilihan media audio visual ini dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan pertimbangan untuk memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia di SMA PGRI 2 Palembang. Tujuan dari pengembangan media ini adalah untuk menghasilkan suatu produk media pembelajaran sejarah khususnya materi Sejarah Islam Masjid Agung Palembang yang dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran yang ditentukan. Penelitian ini menggunakan model perkembangan melalui sepuluh tahap berikut: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) mengembangkan awal dari produk, (4) pengujian lapangan awal, (5) revisi awal produk, (6) uji coba pertama, (7) perbaikan dan penyempurnaan produk, (8) valiasi produk, (9) revisi produk akhir, (10) menyebarluaskan produk. Hasil pengembangan media audio visual ini tergolong baik, yang meliputi penilaian dari media berada pada kriteria baik, penilaian dari isi media baik serta penilaian dari guru mata pelajaran sejarah di sekolah yang berada pada kriteria baik

References

Bakti, A. R. 2011. Jejek sejarah Islam di bumi Sriwijaya. Penerbit Assiri.

Haryoko, S. 2009. "Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran". dalam Edukasi Elektro.(1-9).

Karim, M. 2009. Treasures of Sumatra.

Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nawiyanto, E. 2016. Kesultanan Palembang Darussalam. Jember University Press: Tarutama Nusantara.

Purwono, J. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 1.

Riduwan. 2013. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Jawa Barat:Alfabeta.

Riyanto, N. 2018. 7 Karya 1 Buku. Jawa Tengah: CV. Pelita Gemilang Sejatera (PGS).

Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitiian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kaulitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Syahrul, D. H. 2017. "Motion Graphic Masjid Agung Palembang sebagai Promosi Kota Palembang". Dalam CSRID Journal. (167-179).

Yusuf, M. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.

Widoyoko, Eko Putro. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Downloads

Published

2020-05-22