PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN DOODLE ART PADA MATERI SEJARAH LOKAL SEMENDE

Authors

  • Ahmad Robbin Universitas PGRI Palembang
  • Aan Suriadi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i2.3551

Keywords:

Media Pembelajaran, Doodle Art, Sejarah Lokal Semende.

Abstract

Pengembangan media pembelajaran sejarah dengan doodle art pada materi sejarah lokal Semende adalah pengembangan media dengan gambar doodle art dengan materi sejarah lokal Semende. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran sejarah dengan doodle art pada materi sejarah lokal Semende. Metode penelitian yang digunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil pengembangan yang diperoleh adalah media pembelajaran sejarah dengan doodle art pada materi sejarah lokal semende untuk kelas X sekolah menengah atas. Media pembelajaran doodle art tersebut dikategorikan baik karena telah memenuhi tiga kriteria, yaitu valid, ratarata nilai validasi sebesar 78,3 % yang menunjukan bahwa media doodle art yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat layak. Hal ini menandakan bahwa media pembelajaran yang dikembangakan ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran sejarah pada materi sejarah lokal Semende. Praktis, diperoleh dari hasil analisis angket pendapat siswa tentang doodle art yang menunjukan bahwa presentase siswa yang memberikan respon positif adalah 96,29% dari siswa secara keseluruhan. Hal ini menunjukan bahwa siswa merasa senang dan mudah untuk belajar dengan menggunakan media doodle art. Efektif, diperoleh dari hasil analisis aktifitas siswa. Presentase aktifitas siswa pada saat belajar menggunakan media pembelajaran ini sebesar 98,2% yang menunjukkan kategori sangat tinggi.

References

Amin, A.R. 2015. Pengembangan Pendidikan Agama Islam.

Yogyakarta: LKiS Pelangi Aksara.

Nurryna, A. F. 2009. Pengembangan Media Pendidikan Untuk Inovasi Pembelajaran. Journal Speed- Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi.

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombiasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.

Zainiyati, H. S. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-05-22