PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH PERJUANGAN TOKOH-TOKOH MILITER PEJUANG KEMERDEKAAN DI SUMATERA SELATAN

Authors

  • Devi Putrianata Universitas PGRI Palembang
  • Eva Dina Chairunisa Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i2.3553

Keywords:

Pengembangan E-Modul Sejarah, Tokoh-Tokoh Militer, dan Sigil. A.

Abstract

Pengaruh positif globalisasi terhadap dunia pendidikan berupa pembelajaran interaktif multimedia. Pelaksanaan pembelajaran membutuhkan inovasi berkelanjutan untuk menyesuaikan dengan tuntutan dan kebutuhan peserta didik. E-modul merupakan suatu modul berbasis TIK. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimanakah pengembangan e-modul pembelajaran sejarah tokoh-tokoh militer pejuang kemerdekaan di Sumatera Selatan. Manfaat penelitian adalah bagi siswa dapat mengembangkan kemampuan berpikir dan bagi guru tersedianya sumber pembelajaran sejarah pada materi Sejarah Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan metode tersebut. Penelitian ini juga secara sistematis ada kegiatan pokok yang dilakukan yaitu: teknik pengumpulan data
melalui observasi langsung ke lokasi penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan e-modul pembelajaran sejarah yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk guru dan siswa dalam proses belajar mengajar, berdasarkan perolehan nilai rata-rata keseluruhan skor aspek dari ketiga validator yaitu pada aspek kelayakan penyajian yaitu 3,82%, aspek kebahasaan 2,19% dan aspek kegrafisan 4,45% dan keseluruhan skor aspek respon siswa terhadap e-modul yaitu 80% dengan kategori sangat baik.

References

Chairunisa, Eva Dina. 2017. “Model Evaluasi Pada Pembelajaran

Sejarah Lokal di SMAâ€. Dalam Prosiding Seminar Nasional Sejarah III. Universitas Sriwijaya.

Chairunisa, Eva Dina. Zamhari, Ahmad. 2017. Penyusunan Modul Evaluasi Pembelajaran Sejarah Berbasis Authentic Assessment Portfolio. Dalam Jurnal Candrasangkala. Volume 3, Nomor 1, 2017.

Handhika, Jeffry I.P. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone Pada Materi Hukum Biot Savart.

Riyana, C. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Suarsana, I.M.G.A. 2013. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Dalam Pendidikan Indonesia. Volume 2, Nomor 2, 2013.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-02-04