PENGEMBANGAN MEDIA PETA BENTUK PUZZLE DENGAN MEMANFAATKAN PLASTIK KEMASAN MAKANAN RINGAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Muhammad Rehan Pradana SMA Negeri 1 Pubian Lampung Tengah
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v5i2.4114

Keywords:

Peta, Puzzle, Plastik Bekas

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa media peta bentuk puzzle dengan memanfaatkan plastik kemasan makanan pada mata pelajaran sejarah. Pada penelitian ini mengadaptasi model penelitian oleh Borg dan Gall adalah (1) penelitian dan pengumpulan informasi (research and information colletction), (2) perencanaan (planing), (3) pengembangan produk awal (develop preliminary from of product), (4) pengujian lapangan awal (preliminary field testing), (5) merevisi hasil produk awal (main product revision), (6) uji coba lapangan pertama (main field testing), (7) perbaikan dan penyempurnaan produk (operasional product revision). Subjek uji coba penelitian ini adalah kelas X sosial 1 pada SMA Insan Cendikia Sriwijaya degan melibatkan 7 siswa sebagai sempel dengan hasil semua rekapan penilaian siswa yaitu berjumlah 210 yang kemudian di persentasekan menjadi 75% jadi media peta bentuk puzzle ini dapat dikatan layak sebagai media pembelajaran

References

Chairunisa, Eva Dina. 2017.†Model Evaluasi Pada Pembelajaran Sejarah Lokal di SMAâ€. Dalam Prosiding pada Seminar Nasional Sejarah III Universitas Sriwijaya. Palembang 28 Oktober 2017. (61-69)

Hasbullah, M. 2015. Kebijakan Pendidikan. Jakarata. Rajawali.

Hastuti, Widya. 2017. "Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Ipa Konsep Daur Hidup Makhluk Hidup Murid Kelas IV SDN Nomor 25 Panaikang Kecamatan Bisappu Kabupaten Bantaeng". Dalam Jurnal PENA.Volume 4.

Mulia, B. 2007. Sosiologi (Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat). Bandung: PT Setia Purna Inves.

Mulyatiningsih, E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Novita, A. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Dalam Bentuk komik Pada Mata Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Replubik Indonesia Untuk Kelas V SD. Jember: Universitas Jember.

Robi. 2016. "Pengembangan Media Pembelajaran Peta Timbul Berbabahan Barang Bekas Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V SD". Dalam Jurnal PGSD. Yogyakarta: FKIP Universitas PGRI Yogyakarta.

Rumakhit Nur. 2017. "Pengembangan Media Puzzle Untuk Pembelajaran Materi Mengidentifikasi Beberapa Jenis Simbiosis dan Rantai Makanan Kelas IV Sekolah Dasar Tahun 2016/2017". Dalam Jurnal Simki- Pedagogia. Volume 01, Nomor 02,

Satrianawati. 2018. Media dan Sumber Belajar. Sleman: CV Budi Utama.

Setiady, Purnomo Akbar H. U. 2014. Metodologi Penelitian Sosial.

Bandung: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2007. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

_________. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

_________. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombiasi Mixed Methods. Bandung: Alfabeta.

Wahidin. 2012. Pengembangan Media Audio Visual Pada Sistem Pendingin Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMK Perindustrian Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2020-05-22