SEJARAH DAN BUDAYA PALEMBANG BARAT SEBAGAI SUMBER BUKU SAKU SEJARAH

Authors

  • Riki Andi Saputro SMA PGRI 2 Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i1.4647

Keywords:

Buku Saku, Sejarah dan Budaya Palembang Barat.

Abstract

Buku saku adalah kumpulan kertas yang berjilid berisi tulisan maupun gambar dan keterangan. Maka buku saku ini adalah buku panduan yang sudah disederhanakan namun tetap memuat informasi yang berkaitan. Sub Fokus Penelitian: benda cagar budaya, situs, ecofak, tofonim, sejarah dan kebudayaan Palembang Barat. Rumusan masalah dalam penelitian ini: nilai sejarah dan budaya apakah yang ada pada sejarah dan budaya Palembang Barat yang dapat dijadikan sebagai sumber penulisan buku saku sejarah. Tujuan penelitian adalah untuk menyediakan sumber penulisan buku saku sejarah dan kebudayaan Palembang yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah di SMA Kota Palembang. Manfaat penelitian ini adalah tersedianya sumber penulisan buku saku sejarah dan budaya Palembang Barat yang dapat dijadikan sebagai sumber penulisan buku saku dan referensi penulisan sejarah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan multi disipliner, yaitu: arkeologi, ilmu budaya dan geografi untuk mengungkap fenomenafenomena sejarah dan budaya Palembang Barat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil Penelitian: “Sejarah dan budaya palembang barat sebagai sumber buku saku sejarahâ€. Isi buku saku “Sejarah dan Budaya Palembang Barat†memuat materi sejarah dan budaya yang sesuai dengan pembabakan sejarah Palembang dari masa Sriwijaya, Masa Pengaruh Majapahit, Masa Kesultanan Palembang Darussalam, Masa Kolonial Belanda, Masa Penjajahan Jepang, dan Masa kontemporer. Buku ini juga memuat data toponim.

References

Ardiwidjaja, Roby dkk. (2013). Pengembangan Pariwisata Warisan Budaya: Palembang Dari Wanua Sriwijaya Menuju Destinasi

Wisata. Jogjakarta: KEPEL Press

Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jambi, Sumsel, Bengkulu dan

Kepulauan Bangka Belitung, (2016).

Dora, Apsa, & Idris, Muhamad. (2019). Pengembnagan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Sejarah Penyebaran Islam di Kecamatan Sirah Pulau Padang. Kalpataru. 5 (1), 45-53.

Hakim, L. M. (2012). The Great Teacher:

Menbedah Aspek-Aspek Kepribadian

Guru Ideal dan Pembentukan Perilaku

Siswa dalam Novel Pertemuan Dua Hati

Karya Nh. Dini.†Dalam Jurnal

Pendidikan Dompet Dhuafa 2 (1).

Idris, Muhamad, dkk. (2019). Akulturasi Budaya

Hindu-Budha dan Islam dalam Sejarah

Kebudayaan Palembang. Kalpataru,

Volume 5, Nomor 2, Desember 2019.

Lusiana, Novita. (2015). Buku Ajar Penelitian

Kebidanan. Yogyakarta.

Muftia, D., dkk. Kelayakan Buku Saku Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Manfaat Keanekaragaman Hayati Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 8 (1).

Munawati dan Idris, Muhamad. (2018). Sebaran Rumah Batu di Desa Tegur

Wangi Kota Pagaralam Sebagai Sumber Pembelajaran. Kalpataru.

Museum Sriwijaya Taman Wisata Kerajaan Sriwjaya. 2018:2.Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Taman Wisata dan Budaya Kerajaan Sriwijaya.

(2018). Prasasti-Prasasti Sriwijaya di Sumatera Selatan. Palembang.

Poesponegoro dan Notosusanto. (2002). Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi Mixed Methods. Bandung Alfabeta.

Sutopo. (2006). Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapanya Dalam Penelitian Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Usman dkk. (2014). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.

Wulantari, W., & Sukardi, S. (2018). Pengaruh Metode Question Student Have Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA

Muhammadiyah 2 Palembang. Kalpataru.

Zuhra, F., dkk. (2017). Model pembelajaran Learning Cycle 7E Berbantuan Buku Saku Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains

Indonesia.

Downloads

Published

2020-08-12