INTERPRETASI ISI PRASASTI TELAGA BATU SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Sisna Kurniati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i1.4649

Keywords:

Sriwijaya, Prasasti Telaga Batu, pembelajaran sejarah

Abstract

Kerajaan Sriwijaya menyimpan data mengenai peninggalan-peninggalannya seperti prasasti Telaga Batu . Data kesejarahan tersebut belum dimanfaatkan dalam pembelajaran sejarah. Permasalahan penelitian: Nilai sejarah apa sajakah yang terdapat pada prasasti Telaga Batu untuk dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian: 1. Untuk mengetahui nilai sejarah prasasti Telaga Batu Kerajaan Sriwijaya untuk dijadikan sumber pembelajaran sejarah di SMA negeri 4 Prabumulih. Metode penelitian deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data: Dokumentasi, observasi lapangan, wawancara mendalam, dengan menggunakan teknik triangulasi data dan sumber. Jadi kerajaan Sriwijaya merekam data mengenai peninggalan prasasti Telaga Batu pada abad 9 Masehi.

References

Banowati, Eva. 2012. Geografi Indonesia. Yogyakarta: Ombak Dua.

Poesponegoro dan Nutosusanto.2010. Sejarah Nasional Indonesia II. Jakarta: Balai Pustaka.

Sujadi, Firman. 2011. Provinsi di Indonesia. Bogor: CitaInsan Madani.

Suwardono. 2013. Sejarah Indonesia Masa Hindu-Buddha. Yogyakarta: Ombak Dua.

Downloads

Published

2020-08-12