LEGENDA DAMPU AWANG SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH MARITIM DI SMA NEGERI 1 TALANG KELAPA

Authors

  • Putri Bella Aprilia Universitas PGRI palembang
  • Dina Sri Nindiati Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i1.4652

Keywords:

Legenda, Dampu awang, sejarah

Abstract

Legenda Dampu Awang merupakan cerita legenda yang tersebar di pesisir nusantara dengan nama sebutan yang berbeda-beda yang mengambarkan nilai-nilai kemaritiman masyarakat pesisir. Permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai sejarah apa yang ada pada legenda Dampu Awang yang dapat dijadikan sumber pembelajaran sejarah maritimdi SMA Negeri 1 Talang Kelapa? Tujuandalam penelitian ini untuk menyediakan sumber belajar sejarah maritim bermuatan lokal. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yaitu dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa legenda Dampu Awang hidup dalam budaya pesisir nusantara yang memiliki nilai budaya perdagangan Internasional, Regional, dan Nasional, yang menyimpan data periode klasik Hindu/Budha dan klasik Islam. Terdapat nilai-nilai kemaritiman dalam legenda Dampu Awang yaitu: perdagangan, pelayaran, religius, jujur, disiplin, kerja keras, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air.

References

Anggito, A. dan Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Bunanta, Murti. (1998). Problemmatika Penulisan Cerita Rakyat Untuk Anak Indonesia. Jakarta: Bali Pustaka.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartatik dan Yulianti. (2014). Implemenstasi Pendidikan Karakter di Kantin Kejuruan. Malang. Gunung Samudra.

Kadar, A. (2015). “Pengelolaan Kemaritiman Menuju Indonesia Sebagai Proses Maritim Duniaâ€. Dalam Jurnal Keamanan

Nasional. Volume 5 (1).

Rosyad, Ulul. (2013). Menyusuri Jejak Dampu Awang di Tuban. Jawa Tengah. Kompasiana.com diakses tanggal 17 maret 2020. Pukul 10:43 WIB.

Subagiyo, J. (2015). Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, Edy. (2019). Pendidikan Sejarah Untuk Membentuk Karakter Bangsa. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Downloads

Published

2020-08-12