CAGAR BUDAYA DI PALEMBANG ILIR TIMUR SEBAGAI SUMBER PENULISAN BUKU SAKU SEJARAH DI PALEMBANG

Authors

  • Wahyudi Hermawan Universitas PGRI Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang
  • Eva Dina Chairunisa Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i1.4654

Keywords:

Buku saku, cagar budaya palembang

Abstract

Buku saku adalah suatu buku yang berukuran kecil yang bisa berisi informasi dan sebagai media pembelajaran di sekolah. Sub fokus penelitian: Benda Cagar Budaya di Palembang Ilir Timur sebagai Sumber Penulisan Buku Saku Sejarah. Rumusan masalah dalam penelitian ini: Benda cagar budaya apa saja yang ada di Palembang Timur yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penulisan buku saku sejarah. Tujuan penelitian menjadikan benda cagar budaya di Palembang Ilir Timur sebagai sumber penulisan buku saku sejarah Palembang. Manfaat Penelitian adalah bagi sekolah, meningkatkan kualitas pembelajaran sejarah. Bagi guru, tersdianya sumber pembelajaran moral pada mata pembelajaran sejarah yang terkandung dalam Cagar Budaya di Palembang Ilir Timur sebagai sumber penulisan buku saku sejarah di Palembang. Bagi peserta didik, dapat menambah pengetahuan dan wawasan tantang Cagar Budaya. Bagi peneliti, tersedianya data penelitian tentang Cagar Budaya di Palembang Ilir Timur. Metode Penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan multi disipliner, yaitu: arkeologi, ilmu budaya dan geografi untuk mengungkap fenomena sejarah dan budaya Palembang Timur. Teknik pengumpulan data dengan teknik dokumentasi, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian tersedianya buku saku cagar budaya Palembang Ilir Timur mencakup situs, benda cagar budaya, kontemporer dan toponim.

References

Balai Pelestarian peninggalan Purbakala Jambi Wilayah Kerja Provinsi Jambi,Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Kepulauan Bangka Belitung. 2016.Jambi

Lestari, S. K. H. (2018). “Pengembangan BukuSaku Materi Teori Masuk dan Berkembangnya Islam di Indonesia Sebagai Bahan Ajar Sejarah Siswa SMAâ€. Risalah, 5 (2).

Meikahani, R., & Kriswanto, E. S. (2015). “Pengembangan Buku Saku Pengenalan Pertolon Gan dan Perawatan Cedera Olahraga Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertamaâ€. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11 (1).

Via, Agustien, A. L. I. F. (2014). “Pengembangan Buku Saku sebagai Bahan Ajar Akuntansi pada Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasaâ€. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 2 (2).

Sugiyono. 2007. Memahami Penilaian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-08-12