CANDI BUMI AYU SEBAGAI MATERI PENGAYAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 1 TANAH ABANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Authors

  • Candra Irawansyah
  • Muhamad Idris
  • Nelly Ermarita

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v1i1.524

Abstract

ABSTRAK

 

Perumusan masalah pada tulisan ini yaitu nilai sejarah Situs Candi Bumi Ayu yang mana saja yang dapat dijadikan sebagai materi pengayaan pembelajaran sejarah pada kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Abang.  Tujuannya untuk mengetahui nilai sejarah Situs Candi Bumi Ayu yang dimanfaatkan sebagai materi pengayaan pembelajaran sejarah pada kelas VII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Abang. Penelitian ini dilakukan di dua lokasi yaitu Situs Candi Bumi Ayu dan Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Abang.   Metode yang digunakan penelitian deskriptif  kualitatif dan sampel sumber data dipilih  secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data: wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi langsung. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan model analisis interaktif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dilakukan dalam penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa Situs Candi Bumi Ayu memiliki kekayaan nilai sejarah dan nilai budaya yang dapat dijadikan sebagai materi pengayaan pembelajaran sejarah di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Tanah Abang.

 

Kata kunci:Situs, Candi Bumi Ayu, Materi Pengayaan, Pembelajaran Sejarah

Downloads

Published

2016-06-24