PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU (SEJARAH) KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PALEMBANG

Authors

  • Neka Dapistri Universitas PGRI Palembang
  • Nur Ahyani Universitas PGRI Palembang
  • Ahmad Zamhari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i2.5251

Keywords:

Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Hasil Belajar.

Abstract

Model pembelajaran berfungsi sebagai media transportasi pembelajaran terhadap tujuan yang ingin dicapai.  Model dan alat pembelajaran yang digunakan harus benar-benar efektif sesuai materi yang di sampaikan demi mencapai tujuan pembelajaran. Diharapkan dengan adanya model pembelajaran agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta keefektifan belajar siswa lebih optimal dan memberikan kemudahan untuk mamahami materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (PBM) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Terpadu (Sejarah) di kelas VIII SMP Negeri 2 Palembang. Dalam penelitian ini menjadi populasi adalah kelas VIII di SMP Negeri 2 Palembang yang berjumlah 337 yang terbagi menjadi 9 kelas. Adapun teknik pengambilan sampel yaitu dengan cara random sampling yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas VIII.1 dan yang menjadi kelas kontrol VIII.2. Metode yang digunakan adalah hasil tes. Tes digunakan untuk mengumpulkan data mengenai hasil belajar siswa pada model pembelajaran berbasis masalah (PBM). Ada beberapa teknik analisa data yang digunakan untuk membuktikan hipotesis adalah uji-t di peroleh nilai t. Hasil analisis uji-t diproleh nilai yang lebih besar dari pada nilai  dimana nilai =550,251 dan =1,67022 dapat diyatakan bahwa  =550,251  = 1,67022 Maka ditolak dan  diterima.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Sutu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Jamil, Suprihatiningrum. 2017. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno. 2010. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komperehensif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Inovatif-Progresif. Jakarta: Prenada Media Group.

Downloads

Published

2020-12-30