PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN GOOGLE EARTH DALAM MATERI KONDISI MASYARAKAT INDONESIA PADA MASA PENJAJAHAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SMP QURANIAH PALEMBANG

Authors

  • Tri Nur Ariani Universitas PGRI Palembang
  • Eva Dina Chairunisa Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i2.5253

Keywords:

Media Pembelajaran, Google Earth, Hasil Belajar

Abstract

Media pembelajaran pada masa sekarang sangat banyak digunakan, karena kurikulum yang baru yakni kurikulum 2013 mewajibkan siswanya lebih aktif di dalam kelas dan guru sebagai perantara untuk mereka. Dizaman sekarang banyak guru yang telah menggunakan berbagai macam media agar siswa juga tidak merasakan jenuh saat proses belajar mengajar, agar mereka dapat melihat potensi siswa yang diajar pada saat kelas berlangsung. Google Earth yang artinya “gambaran bumi dari berbagai sisi†yaitu siswa dapat menjadi guru bagi temannya apabila mereka mengerti meteri yg teleh dijelaskan oleh gru lalu guru memberi instruksi pada siswa untuk berdiri kedepan dan menjelaskan dengan cara mereka agar dapat membantu teman-temannya yang kurung memahami miteri yang telah dijilaskan oleh guru tersebut. Dalam pembelajaran IPS Terpadu sendiri metode ini sangat kooperatif bagi guru IPS Terpadu dan dapat divariasikan dengan ini memberi tantangan bagi para siswa yaitu siswa yang mengerti langsung dapat kedepan kelas dan menjelaskan kembali apa yang telah mereka ketahui dan teman-teman mereka dapat menambahi materi yang menurut mereka dapat ditambahi.

References

Ardyodyantoro. 2014. Pemanfaatan Google Earth dalam Pembelajaran Geografi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Widya Kutoarjo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Peenelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persedia.

Kurniasih, Imas dan Sani, Berlin. 2014. Impelmentasi Kurikulum 2013 Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Tindakan Komperehensif. Bandung: Alfabeta.

Wassid, Isskandar dan Dadang Sunendar. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-12-30