PERKEMBANGAN SOSIAL BUDAYA SUKU JAWA DI DESA KAPASAN TEGALREJO BK X KECAMATAN BELITANG KABUPATEN OGAN KOMERING ULU TIMUR SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA MUHAMMADIYAH 2 KARANG TENGAH

Authors

  • Ratna Puspita Dewi Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi Uniersitas PGRI Palembang
  • Mirza Fansyuri Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i2.5254

Keywords:

Perkembangan Sosial Budaya Suku Jawa.

Abstract

Kebudayaan merupakan ciptaan manusia yang berlangsung dalam kehidupan. Kebudayaan merupakan hasil interaksi kehidupan bersama. Manusia sebagai anggota masyarakat senantiasa mengalami perubahan-perubahan. Dalam suatu proses perkembanganya, tingkat keberadaban dan kreatifitas masyarakat sebagai pemiliknya sehingga kemajuan kebudayaan yang ada pada suatu cermin dari kemajuan peradaban masayarakat. Suku Jawa adalah salah satu suku yang memiliki jumlah terbesar di Indonesia yaitu sekitar 41,7 % dari 259 juta jumlah penduduk Indonesia. Disebut Jawa karena segala adat istiadat, norma dan aspek hubungan masyarakat memakai bahasa Jawa sebagai bahasa ibu. Dalam setiap budaya selalu mengajarkan nilai-nilai tertentu, demikian juga halnya pada budaya Jawa. Desa Kapasan Tegalrejo adalah salah satu desa yang memiliki ragam suku, ras, agama, dan kebudayaan. Selain suku Jawa terdapat pula suku lainya seperti suku Padang, Sunda, Batak, Bali, dan suku Komering. Walaupun mayoritas suku Jawa tetapi tidak menjadi penghalang untuk suku pribumi dan dari suku lain-lainya berekspresi. Kendati demikian kebudayaan suku Jawa di desa KapasanTegalrejo dapat diterima dengan baik oleh masayarakat suku lain desa KapasanTegalrejo.

References

Yunani dan Hadi. 2017. Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat Kecamatan Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Mutaqin Z dan Iryana. 2018. Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Kasepuhan Adat Banten Kidul-Kabupaten Sukabumi. Fakultas Dakwah dan Komunikasi. UIN Sunan Gunung Djati.

Rosana. 2013. Modernisasi dan Perubahan Sosial.

Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pram. 2013. Suku Bangsa Dunia dan Kebudayaan. Jakarta: Cerdas Interaktif (Penebar Swadaya Grup).

Downloads

Published

2020-12-30