PENGEMBANGAN E-MODUL PEMBELAJARAN SEJARAH TOKOH-TOKOH PEMBANGUNAN PACSA KEMERDEKAAN DI SUMATERA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i2.5255Keywords:
E-modul Sejarah, Tokoh-Tokoh pasca, Sigil.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah dan pengembangan e-modul pembelajaran sejarah tokoh-tokoh pembangunan pasca kemerdekaan di Sumatera Selatan. E-modul merupakan suatu modul berbasis TIK. Rumasan masalah dalam penilitian ini bagaimana pengembangan e-modul pembelajaran sejarah tokoh-tokoh pembangunan pasca kemerdekaan di Sumatera Selatan. Manfaat penelitian adalah bagi siswa dapat mengembangkan kemampuan berfikir dan bagi guru, tersedianya sumber pembelajaran sejarah pada materi sejarah Indonesia. Penelitian yang digunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasikan produk tertentu dan menguji keefektifan metode tersebut. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung ke lokasi penelitian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang diperoleh menujukkan e-modul pembelajaran sejarah yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran guru dan siswa dalam proses kegiatan belajar mengajar berdasarkan perolehan nilai rata-rata keseluruhan skor aspek dari ketiga validator yaitu pada aspek penyajian dan pemanfaatan yaitu 92,7 %, aspek isi materi dan strategi pembelajaran yaitu 90%, dan aspek keseluruhan skor dari aspek respon siswa terhadap e-modul yaitu 89,2% dengan kategori sangat layak.
References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Puwanto, Aristo Rahadi dan Suharto Lasmono. 2009. Pengembangan Modul. Jakarta: Pustekkom.
Sugiyono. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode PenelaianPendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sunarto, H dan Agung Hartono B. 2006. Perkembang Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative Leaning Teori dan Aplikasi Falkem. Yogyakarta: Pustaka.
Widodo, G. 2018. Pengembangan E-modul perang Kemerdekaan di Jember Berbasis Project Based Learning Menggunakan Model ADDIE Untuk SMA Kelas XI IPS. Jember: Program Studi Pendidikan Sejarah, Universitas Jember.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .