PERAN PENDIDIKAN SEJARAH DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSA

Authors

  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI palembang
  • Jeki Sepriady SMA Maitreyawira Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i2.5256

Keywords:

Pendidikan Sejarah, Karakter.

Abstract

Pembelajaran sejarah pada dasarnya merupakan proses pendidikan yang merupakan usaha pengembangan daya manusia agar dapat membangun diri dan bersama sesama dapat membudayakan alam dan membangun masyarakat. Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran yang berpengaruh terhadap pembangunan karakter bangsa. Penelitian ini mengangkat tema peran pendidikan sejarah dalam membentuk karakter bangsa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran pendidikan sejarah dalam membentuk karakter bangsa. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pendidikan sejarah sangat berpengaruh dalam meningkatkan karakter bangsa. Karena di dalam materi-materi sejarah itu terdapat pesan-pesan yang dapat meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme, sehingga dapat membentuk karakter bangsa.

References

Departemen Agama Kendali Mutu. 2001. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Dirjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Kartodirdjo, Sartono. 2017. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Ombak.

Sepriady, Jeki. 2018. Naskah Syair Perang Palembang sebagai Sumber Karakter dalam Pembelajaran Sejarah di SMA Unggul Negeri 4 Palembang. Palembang: Universitas PGRI Palembang.

Widja, I Gde. 2009. Pendidikan Sebagai Ideologi Budaya: Suatu Pengantar ke Arah Pendidikan Kritis. Denpasar: Program Magister (S2) dan Program Doktor S3 Kajian Budaya Universitas Udayana.

Yasa, I Wayan Putra. 2013. “Pembelajaran Sejarah Untuk Mewujudkan Manusia Indonesia Yang Berkarakterâ€. dalam Historia Pedagogia. Volume 2, Nomor 2, November 2013. (112-120).

Downloads

Published

2020-12-30