PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SEJARAH KOLONIALISME BARAT DI INDONESIA MATERI BENTENG MARLBOROUGH BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i2.5258Keywords:
Sejarah Lokal, Benteng Marlborough, Media PembelajaranAbstract
Media audio visual adalah bentuk multimedia. Multimedia merupakan salah satu media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 4 Palembang, dilihat dari kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran sejarah masih belum memaksimalkan multimedia, hal ini disebabkan antara lain guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan media pembelajaran yang masih berbentuk visual, untuk dikategorikan sebagai media hal tersebut belum mencangkup materi secara keseluruhan. Media audio visual ini dipilih untuk mengatasi permasalahan tersebut, dengan pertimbangan untuk memanfaatkan fasilitas yang telah tersedia di SMA Negeri 4 Palembang. Tujuan pengembangan media ini adalah menghasilkan suatu produk media pembelajaran sejarah khususnya materi Sejarah Kolonialisme Barat di Indonesia Materi Benteng Marlborough Bengkulu dapat dijadikan alternatif dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model perkembangan melalui sepuluh tahap berikut: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) mengembangkan awal dari produk, (4) pengujian lapangan awal, (5) revisi awal produk, (6) uji coba pertama, (7) perbaikan dan penyempurnaan produk, (8) validasi produk, (9) revisi produk akhir, (10) menyebarluaskan produk. Hasil pengembangan media audio visual tergolong baik, meliputi penilaian dari media berada pada kriteria baik, penilaian dari isi media baik serta penilaian dari guru mata pelajaran sejarah di sekolah yang berada pada kriteria baik.
References
Haryoko, S. 2012. "Efektivitas Pemanfaatan Media Audio Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaran". dalam Edukasi Elektro. (1-9).
Mulyatiningsih, E. 2017. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Purwono, J. 2014. Penggunaan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMP Negeri 1.
Riduwan. 2016. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Jawa Barat: Alfabeta.
Riyanto, N. 2018. 7 Karya 1 Buku. Jawa Tengah: CV. Pelita Gemilang Sejatera (PGS).
Rukajat, A. 2018. Pendekatan Penelitian Kuantitatif: Quantitative Research Approach. Yogyakarta: Deepublish.
Siddik, Haji Abdulah. 1996. Sejarah Daerah Bengkulu 1500-1990. Jakarta: Balai Pustaka
Sugiyono. 2018. Metode Penelitiian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kaulitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, M. 2017. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenada Media Group.
Widoyoko, Eko Putro. 2018. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Kalpataru, Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah oleh http://univpgri-palembang.ac.id/e_jurnal/index.php/Kalpa/ berlisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License .