PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA NEGERI 3 PALEMBANG

Authors

  • Sarinah Sarinah Universitas PGRI Palembang
  • Nur Ahyani Universitas PGRI Palembang
  • Ahmad Zamhari Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v6i2.5259

Keywords:

Model Pembelajaran, Student Facilitator and Explaining, Hasil Belajar.

Abstract

Model dalam pembelajaran memiliki fungsi sebagai jembatan atau media tranformasi pelajaran terhadap proses belajar siswa secara efektif, sesuai dengan materi yang disampaikan dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 3 Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 3 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 3 Palembang dan sampel  penelitian ini adalah siswa kelas X.7 dengan jumlah siswa 36 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X.8 dengan jumlah siswa 36 orang (50) sebagai kelas kontrol. Dari hasil penelitian terbukti bahwa “ada pengaruh penerapan model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 3 Palembangâ€. Dengan nilai rata-rata kelas eksperimen 79,75, sedangkan kelas kontrol 70,86. Sehingga didapat  4,728 dan  1,66691. Dengan ini dapat disimpulkan   ≥ sehingga  ditolak dan  diterima.

References

Neolaka, Amos, dkk. 2017. Landasan Pendidikan (Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup). Depok: Kencana.

Riyanto, Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Prenada Media Group.

Sugiyono. 2017. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Timotius, Kris. 2017. Pengantar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Widja, I Gede. 1989. Dasar-Dasar Pengembangan Strategi serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan

Downloads

Published

2020-12-30