MADRASAH DAN TRANSMISI ILMU PENGETAHUAN DALAM SEJARAH PERADABAN ISLAM

Authors

  • Hetty Puspita Sari

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v1i1.532

Abstract

ABSTRAK

 

Salah satu faktor kemajuan peradaban Islam yaitu perkembangan ilmu pengetahuan.  Peradaban dan kebudayaan Islam tumbuh dan berkembang bahkan mencapai masa kejayaannya pada masa Abbasiyah. Perumusan masalah pada tulisan ini yaitu bagaimanakah madrasah dan transmisi ilmu pengetahuan dalam sejarah peradaban Islam.  Tujuannya untuk mengetahui bagaimanakah madrasah dan transmisi ilmu pengetahuan dalam sejarah peradaban Islam.

Madrasah sebagai lembaga pendidikan dan pengajaran di dunia Islam meskipun baru timbul sekitar abad ke-5 H tidak berarti bahwa sejak awal perkembangannya Islam tidak mempunyai lembaga pendidikan dan pengajaran. Jauh sebelum itu, yaitu pada zaman pemerintahan Bani Umayyah, ummat Islam sudah mempunyai semacam lembaga pendidikan Islam yang disebut kuttab. 

Menurut sejarahnya, madrasah sebagai lembaga pendidikan tidaklah berasal dari ruang hampa, tetapi kemunculannya merupakan “sambungan†dari sejarah-sejarah awal munculnya Islam yang benih-benihnya sudah ada sejak masa Rasulullah SAW, yakni dengan adanya kuttab, halaqah, suffah atau al zilla. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam, mulai didirikan dan berkembang di dunia Islam sekitar abad ke-5 H atau abad ke-10-11 M.

 

Kata kunci: madrasah, transmisi ilmu pengetahuan, sejarah peradaban Islam

Downloads

Published

2016-06-24