KONDISI POLITIK ORDE BARU DI GORONTALO TAHUN 1968-1998

Authors

  • yulia wati

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.5844

Keywords:

Kata Kunci, Politik, Orde Baru, Gorontalo

Abstract

Dalam suatu negara pentingnya peranan pemerintah untuk membangun atau mengatur jalannya pemerintahan dari segala bidang yang lain dan tidak bukan untuk mensejahterakan rakyatanya. Pada hal ini sama yang terjadi bahwasannya peran politik bukan hanya sekedar peran yang dikesampingkan melainkan satu diantaranya saling berkesinambungan. Presiden yang di kenal dengan sikap tegas dan otoriternya sudah bisa gambarkan pada rezim yang dinamakan Orde Baru. Pada rezim ini lah yang mampu bertahan sampai kurang lebih 30 tahun lamanya. Mencatat sejarah baru dengan kepemimpinan yang lama dari biasanya ini. Perlu diketahui pada rezim ini pahit dan manis sudah di telan mentah-mentah rakyat  Indonesia khususnya di Gorontalo. Perubahan yang diharapkan oleh masyrakat Gorontalo sangat dirasakan entah dari aspek politik, ekonomi dan social budaya. Penelitian ini dilakukan disalah satu provinsi yang ada di Indonesia, khususnya di pulau Sulawesi bagian Utara yang berkembang menjadi provinsi sendiri. Untuk memperoleh data yang akurat tulisan ini dibantu dengan beberapa kajian literatur yang lebih spesifikasi yang berkesinambungan dengan judul yang diangkat dan narasumber yang hidup pada masanya pada waktu itu. Penelitian ini juga didukung menggunakan penulisan karya ilmiah metodologi sejarah yang didalamnya terdapat heuristik (pengumpulan data), kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Tujuannya penulis menuliskan suatu karya ilmiah dengan judul “Kondisi Politik Orde Baru di Gorontalo  Tahun 1968-1998†ini untuk memberikan pemahaman atau informasi kepada masyrakat Indonesia maupun masyarakat Gorontalo yang belum hidup pada zamannya sehingga dari tulisan ini dapat membuka wawasan, serta pengetahuan sejarah. Pada dasarnya tidak semua masyarakat Gorontalo mengetahui cerita atau alur kondisi politik pada masa itu.

              

References

Asvi Warman Adam. 2007. Seabad Kontroversi Sejarah. Yogyakarta: Ombak,

Dwi Wahyono Hadi Gayung Kasuma. propaganda orde baru 1966-1980. Verleden, Vol. 1, No.1 Desember 2012: 1 – 109

Fazrin Basamalah, Lex Admnistratum, Pengaruh Partai Politik Dalam Sistem Pemerintahan (Presidensial) Menurut Pasal 6A UUD 1945. Vol.VI/No.2/Apr-Jun/2018.

Fachrudin Zain Olilingo. 2017.Potensi Investasi Di Provinsi Gorontalo. Yogyakarta: Deepublish, CV Budi Utama

Funco Tanipu.2008 Raut Muka Gorontalo Kita.Yogyakarta.

Joni Apriyanto.2012. Sejarah Gorontalo Modern Dari Hegemoni Kolonial ke Provinsi. Yogyakarta: Ombak,

Kuntowijoyo.2003. Metodologi Sejarah. Yogyakarta: Tiara Wacana

Sivfian Hendra Legowo dkk, Dinamika Politik Rezim Orde Baru di Indonesia Studi Tentang Kegagalan Konsilidasi Politik Rezim Orde Baru Pada Tahun 1990-1996. Volume 1 (1) November 2013 Publika Budaya

Yayasan 23 Januari 1942 bekerja sama dengan IKIP Negeri Manado Cabang Gorontalo. Perjuangan Rakyat di Daerah Gorontalo- Menentang Kolonialisme Mempertahankan Negara Proklamasi.

Yeby Ma’asan Mayrudin. Jurnal Of Government – JOG, Kajian Manajemen Pemerintahan & Otonomi Daerah. Volume 4 Nomor 1 Juli– Desember 2018

Downloads

Published

2021-08-04