PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 MESUJI

Authors

  • Taufik Sidiki Al-Haq Universitas PGRI Palembang
  • Nur Ahyani Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6277

Keywords:

Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions, Model Pembelajaran Jigsaw dan Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan di dalam penelitian ini apakah ada perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X IPS 1 dan X IPS 2 di SMA Negeri 2 Mesuji tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan dua model pembelajaran yaitu pertama model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions sebagai kelas eksperimen 1 yang di perlakukan di kelas X IPS 1 yang kedua model pembelajaran Jigsaw sebagai kelas eksperimen 2 yang di perlakukan di kelas X IPS 2. Pemilihan sampel ini menggunakan teknik sampling secara acak, hasil data diperoleh dari hasil tes, teknik analisis data yang digunakan adalah uji-T. Dari hasil analisis data tes menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogenitas. Dari hasil pengujian hasil hipotesis didapat kan thitung = 3,52 > ttabel 1,671 pada taraf signitifikan 5% dan dk = (n1 + n2 - 2) sehingga dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian ini ada perbedaan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions dengan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMA Negeri 2 Mesuji tahun pelajaran 2020/2021.

Author Biographies

Taufik Sidiki Al-Haq, Universitas PGRI Palembang

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

Nur Ahyani, Universitas PGRI Palembang

Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang

Ida Suryani, Universitas PGRI Palembang

Dosen Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Isjoni. 2014. Cooprative Learning. Bandung: Alfabeta.

Ismaya. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Refika Aditama.

Octavia, S. A. 2020. Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Pohan, A. E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian dan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tirtahardja, U., & Sulo, L. 2005. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Wahyudin, D. 2007. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka Depertemen Pendidikan Nasional

Downloads

Published

2021-08-04