PENGARUH PEMANFAATAN MEDIA YOUTUBE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMK PGRI 2 PALEMBANG

Authors

  • Riska Anggraini Universitas PGRI Palembang
  • Nur Ahyani Universitas PGRI Palembang
  • Ida Suryani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6306

Keywords:

Youtube, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah siswa kurang tertarik dalam pembelajaran sejarah karena pembelajaran hanya berpusat pada guru dan membuat siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, serta kurangnya penggunaan media dalam kegiatan pembelajaran oleh guru. Adapaun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media Youtube pada proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X TKRO 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 siswa dan kelas X TKRO 1 sebagai kelas kontrol berjumlah 36 siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, untuk mengetahui apakah ada pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Teknik pengambilan data penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data adalah uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis yang menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di SMK PGRI 2 Palembang dan hasil analisis data, maka didapat hasil perhitungan pada Uji-t yaitu thitung adalah 7,54, dan ttabel dengan dk = n1 + n2 - 2 dan taraf signifikan 5% maka tabel adalah 1,67. Sehingga thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang signifikan dari media pembelajaran Youtube di mana kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol.

Author Biographies

Riska Anggraini, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

Nur Ahyani, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

Ida Suryani, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang

References

Agung, Leo dan Sri Wahyuni. 2013. Perencanaan Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Duli, Nikolaus. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif: Beberapa Konsep Dasar Untuk Penulisan Skripsi & Analsis Data dengan SPSS. Yogyakarta: Deepublisher.

Fajri, Ismail. 2018. Statistika Untuk Penelitian Pendidikan dan Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Prenadamedia Group.

Hakim, Thursan. 2008. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara.

Hanafi, dkk. 2018. Profesionalisme Guru dalam Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Sekolah. Yogyakarta: Deepublish.

Huwaidah, Anisa Isnaini. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Kreativitas Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di SDN 1 Nologaten Ponorogo Tahun Ajaran 2018/2019â€. Dalam Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Terbiyah dan ilmu keguruan. Institut Agma Islam Negeri Ponogoro.

Ifadah, Munasiatul. 2020. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Perilaku Positif Siswa Kelas 5 di MI Nurul Iman Kebonsari Madiun Tahun Ajaran 2019/2020â€. Dalam Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Terbiyah dan ilmu keguruan. Institut Agma Islam Negeri Ponogoro.

Rifai, Rochmannudin. 2020. “Pengaruh Media Sosial Youtube Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Gondang Tulungagungâ€. Dalam Skripsi. Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. IAIN Tulung Agung.

Sumardi. 2020. Teknik Pengukuran dan Penilaian Hasil Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Downloads

Published

2021-08-04