PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPA SMA SHAILENDRA PALEMBANG

Authors

  • Christina Leovita Saragih Universitas PGRI Palembang
  • Nur Ahyani Universitas PGRI Palembang
  • Aan Suriadi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6307

Keywords:

Daring, Hasil Belajar Siswa.

Abstract

Metode pembelajaran Daring adalah pembelajaran yang memanfaatkan teknologi multimedia, video, kelas virtual, teks online animasi, pesan suara, email, dan video streaming online. Pembelajaran dapat dilakukan secara masif dengan jumlah peserta yang tidak terbatas, bisa dilakukan secara gratis maupun berbayar. Masalah dalam penelitian ini adalah pengaruh metode pembelajaran Daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA SMA Shailendra Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil pembahasan didapat t = 11,6 dari hasil tes yang dilakukan pada siswa eksperimen (menggunakan metode pembelajaran Daring) dapat diketahui bahwa rata-rata nilai siswa eksperimen adalah x = 75, sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol (tidak menggunakan metode pembelajaran Daring) adalah x = 71. Untuk hasil dari persentase koefisien kolerasi 9%. Hasil yang diperoleh dari perhitungan uji-t korelasi didapat bahwa nilai t = 11,6 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak, dengan anggapan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran Daring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPA SMA Shailendra Palembang.

Author Biographies

Christina Leovita Saragih, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

Nur Ahyani, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

Aan Suriadi, Universitas PGRI Palembang

Program Studi Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas PGRI Palembang

References

Anugrahana. A. 2020. “Hambatan, Solusi, dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasarâ€. Dalam Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 10, Nomor 3.

Ayuni, D, Marini, T, Fauziddin, M, Pahrul, Y. 2020. “Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19â€. Dalam Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 5, Nomor 1, 2021. (414-421).

Jayul, A & Irwanto, E. 2020. “Model Pembelajaran Daring Sebagai Alternatif Proses Kegiatan Belajar Pendidikan Jasmani di Tengah Pandemi Covid-19â€. Dalam Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi. Volume 6, Noomor 2. (190-199).

Mustofa, M.I, Chodzirin, M & Sayekti, L. 2019. “Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggiâ€. Dalam Walisongo Journal of Information Technology. Volume 1 Nomor 2.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-08-04