MINAT SISWA TERHADAP SEJARAH DAN BUDAYA PALEMBANG DI SMA NEGERI 15 PALEMBANG

Authors

  • Febbi Astuti SMA Negeri 15 Palembang
  • Muhamad Idris Universitas PGRI Palembang
  • Kabib Sholeh Program Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i1.6311

Keywords:

Minat Belajar, Sejarah Palembang, Budaya Palembang

Abstract

Sejarah dan budaya Palembang merupakan salah satu warisan kekayaan yang dimiliki oleh Kota Palembang, sehingga generasi remaja harus memiliki ketertarikan atau minat mempelajari sejarah dan budaya yang beragam agar sejarah dan budaya tersebut tidak hilang dimakan zaman. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana minat siswa SMA Negeri 15 Palembang terhadap sejarah dan budaya Palembang? Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui minat siswa SMA Negeri 15 Palembang terhadap sejarah dan budaya Palembang. Metodologi yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriftif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner (google form) dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian yang digunakan ialah uji validitas, reabilitas dan uji regresi linier sederhana. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriftif kuantitatif. Hasil penelitian adalah minat generasi remaja di SMA Negeri 15 Palembang pada sejarah dan budaya Palembang berada pada tingkat yang rendah. Karena dari hasil analisis data yang telah dilakukan pada 72 sampel penelitian, ditemukan bahwa hampir keseluruhan dari sampel penelitian masuk dalam kriteria cukup baik. Untuk kriteria sangat baik dan baik, itu tidak ada satupun yang masuk dalam kriteri tersebut. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, minat siswa dalam sejarah dan budaya Palembang di SMA Negeri 15 Palembang adalah Rendah.

Author Biographies

Febbi Astuti, SMA Negeri 15 Palembang

Guru Sejarah SMA Negeri 15 Palembang

Muhamad Idris, Universitas PGRI Palembang

Program Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang

Kabib Sholeh, Program Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang

Program Pendidikan Sejarah FKIP Universitas PGRI Palembang

References

Irhandayaningsih, A. 2018. "Pelestarian Kesenian Tradisional sebagai Upaya dalam Menumbuhkan Kecintaan Budaya Lokal di Masyarakat Jurang Blimbing Tembalang. Dalam Anuva. 2, 21.

Jayanti, E. 2015. Penerapan Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Mapag Dewi Sri untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Ekosistem di MAN Cirebon 1. Dalam IAIN Syekh Nurjati Cirebon. 2.

Krisyantono, R. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi Didertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertaising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana

Lestari, I. 2013. "Pengaruh Waktu Belajar dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika". Dalam Jurnal Formatif. 3 (2). 124.

Perdana, M. R. 2019. Pengembangan Media Peta dalam Bentuk Puzzel dengan Memanfaatkan Plastik Kemasan Makanan Ringan pada Mata Pelajaran Sejarah. Palembang: Universitas PGRI Palembang. (Skripsi).

Riduwan. 2009. Metode dan Teknik Penyusunan Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Siska, Y. 2017. "Hubungan Minat Belajar dengan Pemahaman Sejarah Lokal Lampung pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar di Bandar Lampung". Dalam Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 4. 172.

Suharso, R. 2017. "Pembelajaran Sejarah Lokal pada Kelas Sejarah (Model Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Lokal Kota Kudus dalam Rangka Meningkatkan Minat Siswa pada Sejarah)". Dalam Sejarah dan Budaya. 101.

Downloads

Published

2021-08-04