PEMANFAATAN FOTO DAN ARSIP SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Riki Andi Saputro Universitas Sebelas Maret
  • Muhammad Fitri Universitas Sebelas Maret

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v7i2.7160

Keywords:

Foto, Arsip, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Secara ethimologi, photography berasal dari bahasa Yunani "photos" (cahaya) dan "graphier" (melukis). Jadi photography berarti melukis dengan cahaya. Arsip adalah sebuah catatan atau rekaman yang diketik, dicetak, atau ditulis dalam wujud angka, gambar, dan huruf yang memiliki arti serta tujuan tertentu. Permasalahan penelitian: apa yang dimaksud foto dan arsip, apa saja jenis-jenis dan peranan arsip dan bagimana implementasi arsip sebagai sumber pembelajaran sejarah. Tujuan penelitian: untuk mengetahui pengertian foto dan arsip, untuk mengetahui jenis-jenis dan peranan arsip dan untuk mengetahui implementasi arsip sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode penelitian: menggunakan metode literatur yang bersifat deskriptif-analitis. Hasil penelitian: Foto adalah kata serapan dari bahasa Yunani, Photos yang berarti cahaya. Dengan demikian, foto adalah cahaya atau citra yang dihasilkan dari cahaya. Sedangkan arsip adalah naskah-naskah yang dibuat dan diterima oleh lembaga-lembaga negara dan badan-badan pemerintahan atau swasta ataupun perseorangan dalam bentuk corak apapun baik dalam keadaan tunggal maupun berkelompok, dalam rangka pelaksanaan kehidupan kebangsaan. Pada saat ini, arsip tidak hanya digunakan sebagai sumber dalam penelitian saja, akan tetapi juga bisa dijadikan sebagai sumber dan media dalam pembelajaran sejarah. Terlebih materi yang disampaikan pada saat proses pembelajaran berkaitan dengan sejarah lokal yang tidak terdapat dalam buku teks akan tetapi terdapat pada arsip.

Author Biographies

Riki Andi Saputro, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Sejarah

Muhammad Fitri, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Sejarah

References

Alberd, A. (2014). “Citra Positif dalam Fotografiâ€. Jurnal Desain. 1 (03), 173-180.

Ali, M. R. (2005). Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta: LKIS.

Astuti, F., Idris, M., & Sholeh, K. (2021). Minat Siswa Terhadap Sejarah dan Budaya Palembang di SMA Negeri 15 Palembang. Penerbit Lakeisha.

Atmosudiro, Sumijati. (2004). Khasanah Sumberdaya Arkeologi Indonesia: Peluang dan Kendala Pemanfaatannya, dalam Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Burhanudin dan Suhardo. “Arsip Waterschap Opak Progo Gibernemen Jogjakarta: Sebuah Etalase Untuk Studi Sejarah dan Kearsipanâ€. Khazanah Buletin Kearsipan UGM. Volume 2 Nomor 3 tahun 2009, Yogyakarta.

Effendhie, Machmoed. (2008). “Arsip dan Arsiparis di Indonesia (Sebuah Catatan Kecil)â€. Buletin Kearsipan Khazanah UGM. Volume 1.

Garraghan, Gilbert J. (1947). A Guide to Historical Method. New York: Fordham University Press. Gunawan, A. P. (2014). “Genre Fotografi yang Diminati Oleh Fotografer di Indonesiaâ€. Humaniora. 5 (2), 1234-1245.

Idris, M., & Saputro, R. A. (2021). “Position of Women in South Sumatra Customary Law: Gender Studies in South Sumatra in the Early 19th Century 20th Century Adâ€. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding. 8 (10), 496-502.

Idris, M., Sukardi, S., & Saputro, R. A. (2021). “Local Wisdom in the History of Traditional Headbans Palembang South Sumatraâ€. Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences. 4 (4), 8066-8077.

Irvan, I. (2020). Analisis Foto Jurnalistik Kecelakaan Tol Cipularang Km 90 Pada Media Online Detik.com (Doctoral Dissertation, UIN Raden Fatah Palembang).

Kartodirdjo, Sartono. 1992. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Lohanda, Mona. (2011). “Belajar Dari Arsip: Menempa Karekter Bangsa, Bisakah? Paperâ€. Seminar Nasional Kearsipan, Arsip UGM: Yogyakarta. Maryati (2014). Manajemen Perkantoran Efektif. Yogyakarta: UPP STIM TKPN.

Minanda, F dan Kunotol, Y. (2017). Pembelajaran Sejarah Lokal: Pemahaman Kontens Bagi Mahasiswa. Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Pengetahuan Sosial IKIP PGRI.

Nurhasani, M. I. (2019). Analisis Kearsipan Pegawai Pada Dinas Sosial Dan Penanggulangan Kemiskinan Kota Bandung Tahun 2018 (Doctoral Dissertation, UIN Sunan Gunung Djati Bandung).

Radliani, A. H., Riyanto, A., & Lestari, N. (2012). “Analisis Pengelolaan Arsip Foto di Arsip Universitas Gadjah Mada Yogyakartaâ€. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1 (1), 163-168.

Saputro, R. A., Idris, M., & Suryani, I. (2021). Tipologi Peninggalan Sejarah Masa Klasik Hindu-Buddha sampai Masa Kemerdekaan di Palembang Barat. Penerbit Lakeisha.

Sedarmayanti. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung:

Refika Aditama. Sugiarto, Agus & Wahyono. (2015). Manajemen Kearsipan Modern dan Distribusinya. Yogyakarta: Gava Media. Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriansyah, S. (2015). “Pemeliharaan dan Penyusutan Arsip Dinamis Inaktif ANRI Jakartaâ€. Jurnal Utilitas, 1(1), 43-55. Undang-Undang Nomor 43.Tahun 2009 Tentang Kearsipan. Undang-undang Nomor 7 Tahun 1971 Tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Kearsipan.

Yasir, A., Triyani, et al. (2019). Pengelolaan Arsip Konvensional di Perpustakaan SMA YPI Tunas Bangsa Palembang. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 1(1).

Downloads

Published

2022-01-15