PEMANFAATAN TEKNOLOGI (LCD DAN APLIKASI POWER POINT) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH

Authors

  • Faruq Hasan Asy'ari Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • M Zaki Haqibillah Mahasiswa Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31851/kalpataru.v8i2.8964

Keywords:

Teknologi, Talking Stick, LCD, Pembelajaran Sejarah

Abstract

Secara etimologis, kata teknologi berasal dari dua kata yaitu techno yang berarti seni dan logia (logos) yang berarti ilmu. Dalam perkembangannya teknologi dapat dimanfaatkan dilembaga pendidikan. Potensi teknologi dapat meningkatkan produktivitas pendidikan dengan mempercepat tahap belajar. Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan dengan menggunakan media teknologi pendidikan, yaitu dengan cara mencari dan mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi dalam belajar kemudian dicarikan pemecahannya melalui aplikasi teknologi informasi yang sesuai. Dalam penelitian ini data didapatkan dari sumber artikel dan jurnal, buku, dan berita yang ada di media massa. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif untuk menganalisis data. Adapun dalam penelitian membahas tentang pengertian teknologi informasi, pengertian model pembelajaran talking stick, pengertian pembelajaran sejarah dan pemanfaatan teknologi dengan metode talking stick dalam pembelajaran sejarah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempermudah pendidik khususnya pendidik sejarah dalam kegiatan pembelajaran yang dapat memanfaatkan teknologi dengan metode pembelajaran talking stick.

References

Azhar, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Husaini, M. (2014). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Bidang Pendidikan (E-Education).†MIKROTIK: Jurnal Manajemen Informatika. 2 (1).

Idris, M., Sukardi, S., & Saputro, R. A. (2021). “Local Wisdom in the History of Traditional Headbans Palembang South Sumatra.†Budapest International Research and Critics Institute (BIRCI-Journal): Humanities and Social Sciences. 4 (4). (8066-8077).

Jogiyanto, H.M. (2008). Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2015). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.

Lie, A. (2002). Cooperative Learning (Cover Baru). Grasindo.

Miftahul, H. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Naibaho, R.S. (2017). “Peranan dan Perencanaan Teknologi Informasi dalam Perusahaan.†Warta Dharmawangsa. (52).

Nurmaulidiyah, M. (2019). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Majene.†Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Putrianata, D., & Chairunisa, E.D. (2019). “Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Perjuangan Tokoh-Tokoh Militer Pejuang Kemerdekaan di Sumatera Selatan.†Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah. 5 (2). (152-157).

Rusydi, I. (2017). “Peranan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kegiatan Pembelajaran dan Perkembangan Dunia Pendidikan.†Warta Dharmawangsa. (53).

Saputra, H.G. (2018). “Pengaruh Penggunaan Media MS Power Point Berbasis Game Terhadap Hasil Belajar Siswa.†Jurnal Teknologi Pendidikan. 3 (1). (11).

Saputro, R.A., Idris, M., & Suryani, I. (2020). “Sejarah dan Budaya Palembang Barat Sebagai Sumber Buku Saku Sejarah.†Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah. 6 (1). (6-17).

Sukardi, S., & Sepriady, Jeki. (2020). “Peran Pendidikan Sejarah dalam Membentuk Karakter Bangsa. Kalpataru: Jurnal Sejarah dan Pembelajaran Sejarah. 6 (2). (114-117).

Downloads

Published

2022-08-02