KEMAMPUAN MENYANYIKAN LAGU PALEMBANG MELALUI METODE DRILL DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI KELAS VII SMP NEGERI 31 PALEMBANG

Authors

  • Desy Tri Ferawati Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— The purpose of this research was to know the ability to sing Palembang song through Drill method in Cultural Arts learning in class VII of SMP Negeri 31 Palembang. Subjects in this study were students of class VII.I SMP Negeri 31 Palembang with a total of 40 students consisting of 18 male students and 22 female students. Data collection was done by questionnaire or questionnaire data and performance test data. Assessment criteria The performance test in singing Palembang song was Vocal Technique Assessment and Song Notation Assessment. The results showed that 5 students (13.16%) got very good category, 23 students (60,52%) with good category, 9 students (24%) got enough category, and 1 student (2, 56%) got less category. Thus it can be concluded that the results of student performance tests on learning Palembang songs through drill method average score was 77.63 which showed the ability to sing students were categorized well.

Keywords— Systematics of writing, articles, research

Abstrak—Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kemampuan Menyanyikan lagu Palembang melalui metode Drill dalam pembelajaran Seni Budaya di kelas VII SMP Negeri 31 Palembang. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.I SMP Negeri 31 Palembang dengan jumlah sebanyak 40 orang siswa terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik data angket atau koesioner dan data tes unjuk kerja. Kriteria penilaian Tes unjuk kerja dalam menyanyikan lagu Palembang yaitu Penilaian Teknik Vokal dan Penilaian Notasi Lagu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 5 orang siswa (13,16%) mendapat kategori sangat baik, 23 orang siswa (60,52%) dengan kategori baik, 9 orang siswa (24%) mendapat kategori cukup, dan 1 orang siswa (2,56%)mendapat kategori kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil tes unjuk kerja siswa pada pembelajaran lagu Palembang melalui metode Drill nilai rata-ratanya yaitu 77,63 yang menunjukkan kemampuan bernyanyi siswa dikategorikan baik.

Kata kunci — lagu palembang, metode drill, seni budaya

Downloads

Published

2018-07-26