PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN TEKNIK PROBING PROMPTING BERBANTUAN EDMODO BLENDED LEARNING PADA MATERI PERSAMAAN DIFERENSIAL MATEMATIS MAHASISWA DI UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG

Authors

  • Jayanti Jayanti Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang
  • Rahmawati Rahmawati Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas PGRI Palembang

Abstract

Abstract— This study aims to examine the extent of learning using probing prompting techniques applied in the course of differential equations at PGRI University Palembang assisted Edmodo Blended Learning. Learning model using Probing Prompting technique, aided by edmodo blended learning that is by using internet online, to assist them in learning. Probing Prompting Techniques is a way of presenting learning with a series of questions that are guided and explored to form a thought process that links previous knowledge and experience with new knowledge to be learned. Questions raised on the students encourage students to think more rationally about the knowledge that has been obtained before, and also can link the next questions so that new knowledge arises that is reflected from the results of a lesson. This research uses derskriftif method which only describes process from learning of differential equation using probing prompting. The subject of this research is a mathematics student in the course of Differential Equation at University PGRI of Palembang.

 

Keywords— Probing Prompting, Edmodo Blended learning, and Differential Equation (PD)

 

Abstrak— Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauhmana pembelajaran menggunakan teknik probing prompting yang diterapkan di matakuliah persamaan diferensial pada universitas PGRI Palembang berbantuan Edmodo Blended Learning. Model Pembelajaran dengan menggunakan teknik Probing Prompting, berbantuan edmodo blended learning yaitu dengan menggunakan internet secara online, untuk membantu mereka dalam pembelajaran. Teknik Probing Prompting adalah Cara menyajikan Pembelajaran dengan serangkaian pertanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga membentuk suatu proses berpikir yang mengaitkan pengetahuan dan pengalaman sebelumnya dengan pengetahuan baru yang akan dipelajari. Pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan pada siswa mendorong siswa agar dapat berpikir lebih rasional tentang pengetahuan yang telah didapat oleh sebelumnya, dan juga dapat mengaitkan pertanyaan-pertanyaan berikutnya sehingga timbul pengetahuan baru yang tercermin dari hasil suatu pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode derskriftif dimana cuma menggambarkan proses dari pembelajaran persamaan diferensial menggunakan probing prompting. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa matematika pada mata kuliah Persamaan Diferensial pada Universitas PGRI Palembang.

 

Kata Kunci— Probing Prompting, Edmodo Blended learning, dan Persamaan Diferensial (PD)

Downloads

Published

2018-07-26