PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMK SENTOSA BUAY MADANG

Authors

  • Anggun Usmiati Universitas PGRI Palembang
  • Ali Syahbana Universitas PGRI Palembang
  • Ety Septiati Universitas PGRI Palembang

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of learning model probing prompting to the ability of mathematical and self-efficacy of students of class XI in SMK SENTOSA Buay Madang. The treatment variable in this research is the learning model of Probing Prompting, dependent variable is the ability of creative thinking and self efficacy of the students. The population in this study is the entire class XI in SMK SENTOSA Buay Madang. The sample in this research is taken by clauster random sampling technique and the selected classes are class XI.1 and XI.3 in SMK SENTOSA Buay Madang. Research is an experimental research with design used in this research is Posttest Only Control Design. Data collection techniques used in this study include tests and questionnaires. Data analysis technique used is Independent Test Samples T-Test. Based on the result of data analysis, it can be concluded that: (1) There is influence of learning model of probing prompting to students' mathematical creative thinking ability. (2) There is influence of learning model of probing prompting to student self efficacy.

 

References

Afandi, Muhammad Dkk. 2013.“Model dan Metode Pembelajaran Disekolahâ€.Dari Http://research.unissula.ac.id. Diunduh 22 September 2017.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Dasar – Dasar EVALUASI PENDIDIKAN. Jakarta: Bumi Aksara.

Arin, Eka rahmawati. 2016. “Perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII semester II smp muhammadiyah 4 sambi boyolali tahun ajaran 2015/2016 menggunakan model pembelajaran problem solving dan creative problem solvingâ€. DariHttp://eprints.ums.ac.id/43366/1/PUBLIKASI%20ARIN.Diunduh 24 Mei 2017.

Cahyani, Ni. “Landasan teori probing promtingâ€. Dari http://digilib.uinsby.ac.id. Diunduh 19 April 2017.

Dwi, Aisyah puji astuti. 2015. “Keefektifan model pembelajaran probing prompting learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa belajar siswa kelas VIII MTs NU 19 Protomulyo kabupaten Kendal pada materi pokok energy tahun pelajaran 2014/2015. Dari Http://digilib.uinsby.ac.id.Diunduh 20 Oktober 2017.

Hamzah, Ali. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Harapan, Edi dan Ahmad, syarwani. 2014. Komunikasi antarpribadi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Harisanti, Putu Sanistya. “Pengaruh model pembelajaran probingPromting terhadap motivasi dan hasil Belajar siswaâ€. Dari http://ejournal.undiksha.ac.id. Diunduh 19 April 2017.

Haryani, IT.“Bab II kajian pustaka berpikir kretifâ€.Dari Http://digilib.uinsby.ac.id.Diunduh 15 Oktober 2017.

Hartono, Dwi Rachmawati. 2012. “pengaruhSelf Efficacy (efikasi diri) terhadap tingkat kecemasan mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maretâ€. Dari Http://digilib.uns.ac.id. Diunduh 20 September 2017.

Kafi, Abdul. “Analisis komparatif model pembelajaran probing prompting dan examples non examples terhadap hasil belajar.Dari Http://digilib.unila.ac.id.Diunduh 12 Januari 2018.

Kesumawati, Nila dan Ichwan Aridanu. 2017. Statistic Parametrik Penelitian Pendidikan. Palembang : Noerfikri Offset.

Mahmudi, Ali. 2008. “Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatifâ€. Dari Http://staff.uny.ac.id. Diunduh 9 September 2017.

Moma, la. 2015. “Pengebangan instrumen kemapuan berpikir kreatifâ€. Dari Http://download.portalgaruda.org.Diunduh 12 Oktober 2017.

Moma, la. 2012. “Menumbuhkan kemampuan berpikir kreatif matematisâ€. Dari Http://eprints.uny.ac.id.Diunduh 12 Januari 2018.

Mukhid,Abd. 2009. “SELF EFFICACY (perspektif teori koqnitif sosial dan implikasinya terhadap pendidikan)â€. Dari http://ejournal.stainpamekasan.ac.id. Diunduh 20 April 2017.

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Noer, Dra. Sri Hastuti. 2009. “Kemapuan Berpikir Kreatif Matematisâ€. Dari Http://eprints.uny.ac.id.Diunduh 2 juni 2017.

Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitia pendidikan. Jakarta: Kencana.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2009. “Penjenjangan Kemapuan Berpikir Kreatif dan Indentifikasi Tahap Berpikir Kreatif Siswa dalam Memecahkan dan Mengajukan Masalah Matematikaâ€. Dari http://suaraguru.wordpress.com. Diunduh 22 September 2017.

Somakim. 2010. “Mengembangkan Self Efficacy Siswa Melalui Pembelajaran Matematikaâ€. Jurnal Pendidikan, Vol.3, No. 1, hal 31-36.

Subaidi, Agus. 2016. “self efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematikaâ€. Dari http://dx.doi.org/10.0324/sigma.vli2.68.Diunduh 13 Oktober 2017.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Esa. 2017. “Penerapan model probing prompting pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Muara Kelingi Tahun pelajaran 2016/2017. Dari Http://mahasiswa.mipaSTKIP119.com.Diunduh 20 Oktober 2017.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yunianti. 2016. “Pengaruh model pembelajaran dan self efficacy terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Negeri 1 Parigi. Dari http://jurnal.untad.ac.id. Diunduh 24 mei 2017.

Downloads

Published

2018-07-25