MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Rina Septina, Akbariansyah Akbariansyah

Abstract


Professionalism is a performance quality and at the same time as a demand for professional behavior in carrying out their duties. Professionalism Teachers are workers who have a profession and are fully responsible, dedicated to work, therefore must uphold the professionalism of a teacher. Technology of Industrial Revolution 4.0. In this era began and was marked by the emergence of an experiment such as, Super Computers, Smart Robots, Genetic Editing, Vehicles without Drivers, and the development of neuro technology. The role of education is very important to produce teachers who have professionalism, human resources that have qualities that are able to compete with other countries. In order to face this industrial revolution 4.0. There are still many obstacles that are not fulfilled by all qualified human resources, who are able to adapt to the challenges of the times in meeting the needs of the industrial revolution 4.0.

Full Text:

PDF

References


Barlian, I. 2013. Manajemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Jakarta:Erlangga.

Djamarah, S.B., 1994. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru Surabaya Usahan Nasional.

Depdikbud. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Drs.Hamdani, M. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Pustaka Setia.

Fahrudin, A. (2014). Pengantar Kesejahteraan Sosial. Bandung: Rafika Aditama.

Echols, J. M., & Shadily, H. (2007). Kamus Indonesia Inggris. Jakarta: PT.Gramedia.

Hadi, S. (2002). Metodologi Research. Yogyakarta: Andi.

Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432.

Mantja, W. 2007. Profe (Ki Sugeng Subagya. Praktisi Pendidikan dan Kebudayaan.

Mantra, I. B., & Kastro. (1989). “Penentuan Sampel”. Masri Singa rimbun dan Sofian Effendi. Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.

(Ki Sugeng Subagya. Praktisi Pendidikan dan Kebudayaan. Artikel ini dimuat Surat Kabar Harian Kedaulatan Rakyat, Jumat 9 Maret 2018).

Nasionalisasi Tenaga Kependidikan: manajemen pendidikan dan supervisi pengajaran. Malang : Elang Mas.

Kristiawan, M. (2016). Telaah Revolusi Mental dan Pendidikan Karakter dalam Pembentukkan Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Pandai dan Berakhlak Mulia. Ta'dib, 18(1), 13-25.

Kristiawan, M., Suryanti, I., Muntazir, M., & Ribuwati, A. (2018). Inovasi Pendidikan. Jawa Timur: Wade Group National Publishing.

Kadir. (2016). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali Pers.

Kisbiyanto. (2011). Manajemen Pendidikan: Pendekatan Teoritik & Praktik.Yogyakarta: Idea Press.

Purwadarmintly, W.J.S., 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta. Balai Pustaka.

Purwanto, M.N. 2012. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: PT Remaja

Supriyadi, D. 1999. Menggangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Syamsudin, A. 2006. Profesi Keguruan. Jakarta: UT Rosdakarya.

Sardiman, 2001 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. Rajawali.

Thoha, M. 2002. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Undang-undang No. 14 Tahun 2005. Tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Depdiknas

Usman. U.M, 2004.Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya

Wahjosumidjo. 2002. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Tinjauan Teoretik, dan Permasalahannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Yukl, G.A,. 1998. Kepemimpinan dalam Organisasi. Alih Bahasa Yusuf Udaya. Jakarta: Prenhallindo.

Wirawan, 2003. Kapita Selecta Teori Kepemimpinan: Pengantar Untuk Praktek dan Penelitian. Jakarta. Yayasan Bangsa Indonesia dan Uhamka Press.

Margono, S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusmaini. 2011. Ilmu Pendidikan. Palembang: Grafika Telindo Press.

Suharsimi, Arikunto, 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Stone, Randi. 2013. Cara-cara Terbaik Untuk Mengajar Reading. Jakarta: Indeks.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.